Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 10-04-2017
  • 483 Kali

Dinas Perikanan Sumenep Apresiasi Program Asuransi Bagi Nelayan

Media Center, Selasa ( 11/04 ) Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep mengapresiasi pemerintah pusat yang memprogram asuransi kepada nelayan, khususnya kepada nelayan kecil atau yang kurang mampu, sehingga mereka akan lebih terjamin kebutuhan hidupnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Ir. Arief Rusdi, M.Si kepada wartawan, Selasa (11/04) mengungkapkan, pemberian asuransi kepada para nelayan sangat tepat, karena nelayan merupakan aset negara, dan keberadaannya dapat memenuhi kebutuhan akan gizi ikan di Indonesia.

“Dengan adanya asuransi nelayan, para nelayan akan mendapat santunan dari pemerintah sesuai dengan kategorinya,” ungkapnya.

Dijelaskan, untuk asuransi nelayan dengan kategori sakit mendapat dana pengobatan maksimal Rp 23 juta. Sedangkan nelayan mengalami kecelakaan di laut hingga menyebabkan cacat, mendapat santunan Rp 20 juta, dan untuk yang meninggal dunia mendapat santunan Rp 160 juta, bahkan, nelayan yang meninggal di laut mendapat Rp 200 juta.

Dikatakan, untuk saat ini di Sumenep sudah ada sedikitnya 10 orang nelayan yang sedang diproses klaimnya karena meninggal dunia, dan 1 orang sudah dicairkan kepada ahli warisnya sebesar Rp. 160 juta, yakni nelayan di Kepulauan Kangean.

Diakui, selama ini masyarakat nelayan yang tercatat berdasar Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak kurang lebih 48 ribu orang, tetapi sebenarnya masih banyak, mengingat pada KTP pekerjaannya disebutkan sebagai swasta. Sedangkan yang sudah ter-cover pada kartu asuransi nelayan sebanyak 8 ribu lebih.

“Kami akan terus mengupayakan, agar kuota asuransi bagi nelayan Sumenep terus ditambah, mengingat masyarakat nelayan di Sumenep cukup banyak,”tambahnya. ( Ren, Esha )