Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-10-2018
  • 569 Kali

2 Penampilan Tari Siap Ramaikan Pembukaan Parade Musik Tong-tong Madura 2018

Media Center, Selasa ( 30/10 ) Dalam rangka turut menyukseskan pelaksanaan Parade Musik Tong-tong Madura 2018 yang akan digelar malam ini, Selasa (30/10) pukul 19.00 WIB, puluhan penari sedang melakukan latihan untuk tampil maksimal.

Koordinator Pelatih Tari, RB. Mohammad Romli, S.Pd mengungkapkan, latihan yang sudah dilakukan dalam dua minggu ini tujuannya agar penampilan para penari lebih maksimal. Sebab, disamping dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-749 juga bersamaan dengan Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) 2018.

“Kami sengaja menampilkan Tari Codhik dimana menampilkan para puteri keraton trah yang juga gagah membawa codhik (keris kecil).” ungkap Pelatih Sanggar Tari Salose, Selasa (30/10) di sela-sela latihan tari di depan Alun-alun Kota Sumenep.

Diakui guru kesenian SMPN 1 Sumenep ini jika para penari sebanyak 50 siswi tersebut merupakan utusan dari berbagai sekolah SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Sumenep. Karena itu diharapkan mereka akan menjadi penerus seni tari di Sumenep yang tetap harus dilestarikan, sehingga seni tari tidak sampai termarginalkan.

Sementara pelatih tari yang juga pemilik Sanggar Tari Potre Koneng, Edy Susanto, S.Pd, juga mengaku akan menampilkan para penari binaannya pada pembukaan Parade Musik Tong-tong Madura 2018 nanti malam dengan Tari Ghembang Paseser.

Menurut Edy, Tari Ghembang Paseser memiliki makna dimana merupakan gagasan yang diambil dari semangat para wanita atau gadis pesisir yang tetap semangat menanti sang ayah di pinggir pantai, yang sedang mengarungi lautan untuk mencari ikan.

“Sebanyak 30 penari yang rutin berlatih bersama 17 pemusik disini, dengan penuh sukacita akan tampil maksimal nanti malam.” pungkasnya. ( Ren, Fer )