Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-07-2018
  • 773 Kali

30 Puskesmas Di Sumenep, 100 Persen Telah Terakreditasi

Media Center, Senin ( 30/07 ) Akhirnya 30 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sudah 100 persen terakreditasi.

“Akreditasi Puskesmas ini dilakukan tahun 2018. Jadi, semua Puskesmas di Sumenep, baik yang ada di wilayah daratan maupun di kepulauan sudah selesai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr. H. Fatoni, Senin (30/07).

Ia menuturkan, akreditasi ini memang harus dilaksanakan demi meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Karena, Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) tidak mau bekerjasama dengan Puskesmas yang tidak terakreditasi.

"Ya, mau tidak mau Puskesmas harus memproses akreditasi itu, agar pelayanan terus bisa ditingkatkan," tuturnya.

Ada 3 kriteria yang dinilai dalam proses akreditasi, diantaranya secara manajemen, pelayanan dan pelaporannya.

Ia menambahkan, setelah semua Puskesmas terakreditasi, dipastikan akan berdampak positif, utamanya bagi proses pelayanan yang saat ini sudah lebih baik, angka kesakitan dan rujukan juga menurun.

“Kalau biasanya, pasien itu menumpuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, maka saat ini banyak dirawat di Puskesmas, karena di sana sudah bisa melayani dengan profesional,” ujarnya.

Sesuai mekanismenya, lanjutnya, Puskesmas yang sudah terakreditasi harus melakukan akreditasi ulang setiap 3 tahun. Jadi, ada sejumlah Puskesmas yang tahun depan sudah harus melakukan akreditasi ulang. ( Nita, Esha )