fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image
12/10
2017

4 Ibu Hamil Di Sumenep Terdeteksi Terjangkit HIV

  • infokom
  • 226 Kali

Media Center, Kamis ( 12/10 ) Sebanyak 4 ibu hamil di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terdeteksi terjangkit penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

"Data yang kami miliki, tahun 2017 ada 4 orang ibu hamil yang terjangkit penyakit HIV," kata Kepala Bidang Pengendalian, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Sumenep, dr. Hj. Dwi Regnani, Kamis (12/10).

HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. HIV belum bisa disembuhkan, tapi ada pengobatan yang bisa digunakan untuk memperlambat perkembangan penyakit.

"Jadi kemungkinan menularnya virus HIV kepada para ibu hamil itu melalui hubungan seksual," ungkapnya.

Sementara, lanjut Dwi, untuk memutus penularan virus dari ibu kepada calon bayi, Dinkes Sumenep akan menerapkan pemeriksaan HIV untuk ibu hamil di setiap Puskesmas. Meski bukan pemeriksaan wajib, namun tes HIV selalu disarankan bagi setiap ibu hamil yang memeriksakan kandungan ke Puskesmas.

"Tujuannya untuk mendeteksi dini keberadaan virus sehingga ibu tersebut bisa segera mendapatkan terapi dan mencegah virus menular pada janin yang dikandungnya," tukasnya.

Pihaknya berharap, dengan pengobatan teratur dalam hal ini terapi, keberadaan virus dalam tubuh bisa ditekan sehingga pasien bisa hidup sehat.

"Pemahaman-pemahaman ini yang kami berikan kepada pasien dan pihak keluarga. Sehingga secara perlahan, nantinya penyakit HIV ini bisa kami atasi,"pungkasnya. ( Nita, Esha )

image
18/07
2018

Permudah Peserta BPJS Kesehatan Dengan Mobile JKN

Kategori : Kesehatan

Media Center, Rabu ( 18/07 ) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tidak ingin menyia-nyiakan era digitalisasi yang terus berkembang. Salah

image
17/07
2018

Mudahkan Identifikasi Kesehatan JCH Dengan Gelang Khusus

Kategori : Kesehatan

Media Center, Selasa ( 17/07 ) Tim Kesehatan untuk Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Sumenep yang akan segera berangkat

image
11/07
2018

BPJS Kesehatan Temukan Pejabat Belum Lakukan Update Data

Kategori : Kesehatan

Media Center, Rabu ( 11/07 ) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menemukan data Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara