Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-10-2017
  • 419 Kali

4 Ibu Hamil Di Sumenep Terdeteksi Terjangkit HIV

Media Center, Kamis ( 12/10 ) Sebanyak 4 ibu hamil di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terdeteksi terjangkit penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

"Data yang kami miliki, tahun 2017 ada 4 orang ibu hamil yang terjangkit penyakit HIV," kata Kepala Bidang Pengendalian, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Sumenep, dr. Hj. Dwi Regnani, Kamis (12/10).

HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. HIV belum bisa disembuhkan, tapi ada pengobatan yang bisa digunakan untuk memperlambat perkembangan penyakit.

"Jadi kemungkinan menularnya virus HIV kepada para ibu hamil itu melalui hubungan seksual," ungkapnya.

Sementara, lanjut Dwi, untuk memutus penularan virus dari ibu kepada calon bayi, Dinkes Sumenep akan menerapkan pemeriksaan HIV untuk ibu hamil di setiap Puskesmas. Meski bukan pemeriksaan wajib, namun tes HIV selalu disarankan bagi setiap ibu hamil yang memeriksakan kandungan ke Puskesmas.

"Tujuannya untuk mendeteksi dini keberadaan virus sehingga ibu tersebut bisa segera mendapatkan terapi dan mencegah virus menular pada janin yang dikandungnya," tukasnya.

Pihaknya berharap, dengan pengobatan teratur dalam hal ini terapi, keberadaan virus dalam tubuh bisa ditekan sehingga pasien bisa hidup sehat.

"Pemahaman-pemahaman ini yang kami berikan kepada pasien dan pihak keluarga. Sehingga secara perlahan, nantinya penyakit HIV ini bisa kami atasi,"pungkasnya. ( Nita, Esha )