Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 11-08-2017
  • 467 Kali

Aktifis Lingkungan Saronggi Gelar Aksi Tanam Mangrove

Media Center, Jumat ( 11/08 ) Aktivis lingkungan yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas Reng Paseser Kecamatan Saronggi, gencar melakukan aksi penanaman bibit mangrove di lingkungannya. Hal tersebut dalam rangka menjaga kelestarian sungai, serta ekosistem laut yang ada di wilayahnya.

Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas bidang kelautan dan perikanan Kecamatan Saronggi, Fadel Abu Aufa kepada Media Center, Jumat (11/08) mengungkapkan, jika para aktifis melakukan penanaman mangrove di tepi Sungai Saroka dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional pada tanggal 10 Agustus 2017 kemarin.

“Penanaman mangrove juga bertujuan agar lumpur yang turun ke dasar sungai itu tertahan akar mangrove, karena sebelumnya mengalami pengerukan,”ungkapnya.

Dikatakan pula, jika penanaman mangrove ini juga menggugah kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, lingkungan di sekitar sungai lestari, bahkan jika mangrove sudah tumbuh besar bisa dijadikan destinasi wisata hutan mangrove.

Diakui pula, jika kegiatan penanaman mangrove juga mendapat dukungan dari Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, yang mendorong masyarakat yang tinggal di sekitar tepi sungai dan laut untuk ikut menjaga kelestarian mangrove yang saat ini banyak mati.

“Kami juga mengajak masyarakat memiliki rasa kepedulian tidak membuang sampah di laut atau sungai, utamanya sampah plastik yang dapat merusak ekosistem, karena sampah dilaut justru merugikan manusia atau nelayan yang mencari ikan,”tambahnya. ( Ren, Esha )