Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-02-2020
  • 909 Kali

Alsintan Combine Harvester Ranger Futata Percepat Proses Panen

Media Center, Selasa ( 25/02 ) Combine Harvester Ranger Futata merupakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) serbaguna dalam penanganan hasil tani. Keunggulannya mempercepat proses panen dan menghasilkan kualitas gabah yang lebih bersih, sehingga sangat menguntungkan dan membantu para petani khususnya di Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Sarana dan Prasarana Pertanian PT. Futata, Sonny kepada Media Center, Selasa (25/02/2020).

Ia menambahkan, Combine Harvester Ranger Futata merupakan alsintan yang kompleks dalam berbagai kegunaan pasca panen pada areal lahan yang sangat luas. Masyarakat harusnya mengetahui peran penting dari penerapan alat ini, karena sangat menguntungkan dari segi ekonomi.  

Koordinator Pelaksana Pertanian Kabupaten Sumenep, Hendra Setiawan menunjuk kelompok tani Jiwa Sumekar Desa Semaan, sebagai tempat demo Combine Harvester PT. Futata.

Sementara Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto menambahkan, adanya alat ini tentunya membantu meringankan pekerjaan petani secara komplit pada masa panen padi.

"Pada saat panen padi di areal lahan yang luas dengan waktu yang relatif singkat, selain memotong, Combine dapat merontokkan padi secara langsung serta mengarungkan padi dalam satu proses sekaligus," pungkasnya.

Ia berharap, dengan adanya alsintan Combine Harvester masyarakat petani dapat meningkatkan kegiatan pertaniannya untuk menunjang ketahanan pangan agar lebih baik. ( KIM-PJD, Ismi/Fer )