Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 06-12-2018
  • 413 Kali

Babinsa Ellak Daya Lenteng Bantu Petani Bercocok Tanam

Media Center, Kamis ( 06/12 ) Selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) Ellak Daya, Kecamatan Lenteng, Sertu Juli Teguh Santoso, giat melakukan kegiatan pendampingan pertanian yang merupakan bagian dari tugas pokoknya, sudah menjadi rutinitas keseharian, guna membantu petani meningkatkan program swasembada pangan.

"Saat ini merupakan waktu yang tepat bagi petani untuk melakukan cocok tanam, karena sudah memasuki musim hujan,” ungkapnya di kantornya, Kamis (06/12/2018).

Menurutnya, di wilayah teritorial yang menjadi tugasnya, saat ini banyak petani sudah memulai bercocok tanam, seperti padi dan semacamnya. Karena itu, pihaknya bersama petani setempat mulai bahu-membahu untuk melakukan penanaman di areal sawahnya. Seperti halnya yang dilaksanakan di lahan milik, Abd. Latif, yang memiliki lahan cukup subur untuk ditanami padi.

Melalui peran Babinsa Kodim 0827/05 Lenteng ini, tentunya dapat mengurangi beban petani, hingga nantinya juga melakukan pendampingan sehingga masyarakat bisa menikmati masa panen.

Menurut Sertu Juli, pada dasarnya, budidaya pertanian maupun perkebunan membutuhkan lahan yang subur dan juga gembur, sehingga dengan menanam tanaman di lahan subur dan gembur, akan membuahkan hasil yang benar-benar memuaskan.

“Salah satu cara ampuh menyuburkan tanah adalah melakukan penggemburan dengan cara membolak balikkan tanah dengan menggunakan cangkul maupun hand tracktor. Lakukan terus secara kontinyu sampai tekstur tanah benar-benar gembur dan mudah dicangkul,” tandasnya. ( Ren, Esha )