Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-01-2019
  • 399 Kali

Babinsa Koramil 23/Giligenting Lakukan Pengecekan Tanaman

Media Center, Kamis ( 24/01 ) Berdasarkan instruksi Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna melalui Pasiterdim Kapten Inf. Nanang Fadhori kepada seluruh Koramil jajaran untuk melaksanakan pengecekan baik sawah maupun ladang yang tanamannya mulai mengering atau tidak tumbuh dalam hal ini mati yang diakibatkan musim yang tidak menentu.

Menyikapi instruksi tersebut, seluruh Babinsa segera melaksanakan pengecekan dan monitoring tanaman jagung yang mengalami kendala tidak tumbuh (mati) yang disebabkan oleh hama tanaman di wilayah binaannya masing-masing.

Pasiterdim Kapten Inf. Nanang Fadhori, mengungkapkan, penyebaran hama pada tanaman perlu diwaspadai terutama pada budidaya tanaman padi, jagung dan kedelai (Pajale) di wilayah binaan masing-masing.

“Adanya tanaman yang mengalami mati diakibatkan hama diminta untuk terus lakukan pendampingan terhadap petani,” ungkap Kapten Inf. Nanang Fadhori, Kamis (24/01/2019).

Sementara Babinsa Jajaran Kodim 0827/Sumenep, salah satunya yaitu Koptu Firdos Junaedi anggota Koramil 23/Giligenting mengaku terus melakukan pemantauan di lapangan dan menemukan lahan ladang yang tanaman jagungnya tumbuh tidak merata yaitu di lahan milik Bapak Untung yang berlokasi di Desa Galis Kecamatan Giligenting.

Selain pengecekan di lapangan, upaya yang dilakukan Babinsa Koramil 0827/23 Giligenting pada kesempatan yang ada juga menggelar sosialisasi di desa binaan diantaranya Babinsa berikan imbauan kepada warga terkait budidaya penanaman jagung khususnya.

“Ini kita laksanakan guna mendukung swasembada pangan agar semua tanaman baik padi, jagung, kedelai atau tanaman lainnya yang telah ditanam oleh petani dapat menghasilkan panen yang maksimal dan mengantisipasi terjadinya gagal panen,” ujar Koptu Firdos Junaedi.

Sedangkan Danramil 0827/23 Giligenting Kapten Inf. Eko Prayitno, menambahkan, dari hasil pemantauan yang dilakukan oleh Babinsa di wilayahnya akan didata kemudian dilaporkan, agar segera disampaikan kepada Dinas terkait untuk dilakukan tindak lanjut sebagaimana mestinya terkait matinya tanaman jagung yang disinyalir dampak hama,” tandasnya. ( Ren, Fer )