Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-02-2020
  • 542 Kali

Babinsa Koramil Kota Bantu Petani Lakukan Penyiangan

Media Center, Selasa ( 18/02 ) Babinsa Koramil 0827/01 Kota, Serka Soleh melaksanakan pendampingan kepada para petani untuk terus menggalakkan suksesnya program swasembada pangan, seperti yang dilakukan di Desa Kacongan, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Selasa (18/02/2020).

"Penyiangan padi adalah pembersihan rumput liar atau gulma yang biasa tumbuh berdampingan dengan tanaman padi," ungkap Serka Soleh.

Menurutnya, tanaman padi seharusnya rutin dilakukan pembersihan rumput agar lahan sawah bersih dari rumput liar, karena mengganggu perkembangan tanaman padi yang tentunya berdampak pada lamanya masa panen.

Tujuan dari penyiangan padi jelas Serka Soleh, yakni agar gulma mati dan membusuk yang akhirnya dapat menjadi pupuk. Selain itu untuk mengurangi penyerapan persaingan unsur hara, persaingan penetrasi sinar matahari dan juga untuk membersihkan tanaman mati.

Sementara Danramil 0827/01 Kota, Kapten Inf Sarkun juga berpesan, Babinsa selalu aktif dalam pendampingan agar para petani bisa mencapai hasil yang maksimal, sehingga target ketahanan pangan di Kabupaten Sumenep khususnya di Kecamatan Kota dapat sukses diwujudkan.

“Melalui pendampingan ini diharapkan, dapat membantu tercapainya ketersediaan pangan di wilayah Sumenep, paling tidak dengan hadirnya Babinsa mampu memberikan semangat bagi petani untuk meningkatkan produksi secara maksimal,” tambahnya. ( Ren, Fer )