Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 09-10-2017
  • 517 Kali

Bandara Trunojoyo Sumenep Bakal Diperpanjang 2.250 Meter

Meter Media Center, Senin ( 09/10 ) Kunjungan kerja (kunker) Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (09/10) memberi angin segar bagi Bandara Trunojoyo setempat. Sesuai siaran persnya, Pemerintah Pusat memutuskan mengembangkan Bandara Trunojoyo di Sumenep.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pengembangan bandara merupakan bagian dari meningkatkan konektivitas. Presiden Jokowi bersama rombongan, termasuk Menteri Perhubungan, Budi Karya Samadi, tengah mengunjungi Bandar Udara Trunojoyo, Sumenep, kemarin (08/10).

Ia mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang telah memperpanjang landasan bandara dari 1.100 meter menjadi 1.600 meter. Perubahan itu membuat pesawat komersial kelas ATR sudah bisa mendarat. Meski demikian, kepala negara tersebut ingin Menteri Perhubungan memperluas lagi bandara agar bisa digunakan pesawat yang lebih besar.

Jokowi beralasan, perluasan diperlukan karena Pulau Madura dengan penduduk 4 juta jiwa memiliki potensi ekonomi dan mobilitas tinggi untuk bepergian.

“Landasan Pacu dan terminal pesawat Harus diperpanjang dan dilwbarkan lagi,”ujar Presiden.

Sementara Menhub Budi Karya Samadi mengatakan, jika ingin digunakan pesawat yang lebih besar lagi, landasan bandara perlu diubah menjadi 2.250 meter panjangnya dan lebar 45 meter. Selain itu, terminal pun mesti diperluas.

Khusus untuk terminal, Kemenhub akan melakukan pengembangan secara bertahap.  Di tahap pertama luas terminal akan menjadi 800 meter persegi. Lalu pada tahap kedua menjadi seluas 1.160 meter persegi dan tahap ketiga seluas 2.139 meter persegi.

“Perpanjangan landasan pacu dan perluasan terminal akan selesai tahun 2019,”pungkas Budi. ( Nita, Esha )