Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-04-2018
  • 332 Kali

Baru 13.800 Nelayan Di Sumenep Miliki Kartu Asuransi

Media Center, Rabu ( 25/04 ) Hingga saat ini baru 13.800 dari 48 ribu nelayan di Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang memiliki kartu asuransi.

Minimnya pemegang kartu asuransi bagi nelayan itu, dikarenakan belum meratanya pendistribusian setiap tahunnya.

"Per tahun jatah kartu asuransi bagi nelayan dari Pemerintah Pusat, sangat terbatas," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Ir. Arif Rusydi, M.Si, Rabu (25/04).

Ia menuturkan, sesuai aturan kepemilikan kartu nelayan bukanlah jaminan bagi seorang nelayan untuk mendapatkan asuransi dari pemerintah.

"Nelayan bisa mendapatkan asuransi apabila sudah memiliki kartu asuransi. Sementara syarat untuk mendapatkan kartu nelayan, seorang nelayan harus berstatus nelayan pada e-KTP dan Kartu Keluarga (KK)," paparnya.

Apalagi ditambah jatah setiap tahun terbatas. Yakni pada tahun 2016 lalu Sumenep hanya mendapatkan jatah sebanyak 8 ribu dan tahun 2017 hanya mendapatkan jatah sebanyak 5 ribu 800 kartu nelayan.

"Memang program ini terbatas, setiap tahun selalu dijatah oleh Pemerintah Pusat, sesuai pendataan yang dilakukan. Daerah hanya bisa mengajukan saja," ungkapnya.

Sementara kuota kartu asuransi tahun 2018, kata Rusydi hingga saat ini belum ada kejelasan. "Untuk tahun ini, masih belum ada," pungkasnya. ( Nita, Fer )