Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-01-2018
  • 356 Kali

Berkat Upsus Swasembada Pangan Masyarakat Petani Terbantu

Media Center, Jum’at ( 05/01 ) Pemerintah melalui Kementerian Pertanian memiliki program Upaya Khusus (Upsus) swasembada pangan yang melibatkan TNI dalam rangka mencapai ketahanan pangan sejak tahun 2015 sangat penting terus dilakukan. Sebab, hasilnya banyak petani yang merasa terbantu dan berhasil dalam bertani karena dibantu para TNI atau Babinsa setempat.

Danramil 0827/03 Manding, Kapten Kav M. Zakki, kepada Wartawan, Jum’at (05/01) mengungkapkan, upaya meningkatkan produktivitas produksi pertanian memang harus tetap ditingkatkan agar terus bisa memberikan semangat petani untuk terus giat dalam mengolah sawahnya.

“Bahkan, dengan melaksanakan sistem Jajar Legowo di lahan-lahan sawah Poktan yang kami bantu hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani.” ungkapnya.

Dijelaskan, lahan sawah poktan “Baru Muncul” di Dusun Kokon, Desa Manding Laok, Kecamatan Manding, yang menjadi percontohan pertumbuhan rumpun padinya ternyata lebih banyak dan panennya lebih berhasil dibandingkan dengan lainnya.

Bahkan, kondisi lahan juga cukup subur sehingga mampu memberikan kontribusi dalam mendukung pencapaian target program pemerintah. Karena tanam padi dengan sistem Jajar Legowo dapat meningkatkan produksi tanaman padi secara signifikan serta memperbaiki kualitas gabah dan tahan serangan penyakit pada tanaman padi itu sendiri.

“Tentunya kami dalam membantu petani tetap melaksanakan sesuai mekanisme yang berhubungan dengan pertanian, seperti cara memberikan pupuk, benih, obat-obatan dan semacamnya.” tambahnya. ( Ren, Esha )