Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-02-2020
  • 603 Kali

Binmas Polres Sumenep Sosialisasikan Minimalisir Sebaran Hoaks

Media Center, Senin ( 17/02 ) Maraknya berita bohong (hoaks) akhir-akhir ini perlu diwaspadai khususnya oleh anak-anak yang mudah percaya dengan apa yang dilihat dan didengar, baik melalui media sosial dan semacamnya, apalagi sampai turut menyebarkan pada orang lain.

Kanit Binmas Polres Sumenep, Aiptu Asnan, saat menjadi Pembina Upacara Bendera di SDN Pajagalan 2 Kecamatan Kota Sumenep, Senin (17/02/2020) mengungkapkan, untuk meminimalisir beredarnya hoaks pihaknya berharap, masyarakat khususnya juga anak-anak tidak mudah menerima informasi dan menyebarkan sesuatu yang belum diketahui kebenarannya.

"Jadi anak-anak juga perlu diberikan pengetahuan tentang informasi yang benar, sehingga tidak mudah mengkonsumsi berita mentah dan hoaks apalagi dengan menyebarkannya," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya juga berharap kerjasama dengan para guru untuk selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa siswinya, untuk tidak mudah terpengaruh oleh berita hoaks yang banyak beredar khususnya di media sosial. 

"Tak kalah pentingnya pula jika anak diberikan pemahaman dan kemampuan memfilter berbagai informasi, tentunya dengan meningkatkan sumber daya manusia yang ada, yang bisa diawali dengan perilaku para guru," tandasnya.

Sementara Kepala SDN Pajagalan 2, Nurut Taufik S.Pd, MM menambahkan, dengan kehadiran para pejabat dari berbagai instansi di Kabupaten Sumenep pihaknya sangat bersyukur, sehingga dapat memberikan motivasi dan inspirasi baik bagi guru maupun siswa yang ada di sekolahnya.

"Secara umum kami evaluasi dari beberapa kali kehadiran para pejabat di Kabupaten Sumenep ini dapat memberikan nilai positif dan perilaku yang lebih baik bagi siswa kami," ungkapnya.

Dikatakan, dengan interaksi yang positif tersebut setidaknya dapat menjadi masukan untuk ditindaklanjuti oleh guru kepada siswa di kelas. Yakni menindaklanjuti dengan memasukkan dalam setiap melaksanakan pembelajaran di kelas, agar anak semakin mengerti dan melaksanakan apa yang disampaikan. ( Ren, Fer )