Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 07-06-2018
  • 281 Kali

BMKG Imbau Pemudik Kepulauan Sumenep, Waspadai Gelombang Tinggi

Media Center, Kamis ( 07/06 ) Berdasarkan Grafik Prakiraan Gelombang Laut dalam sepekan mendatang, mulai tanggal 07 Juni 2018, BMKG Kalianget menyebut adanya kenaikan tinggi gelombang laut yang signifikan di beberapa titik. Puncak kenaikan tinggi yang berkisar antara 2.5 - 3.0 meter itu diperkirakan terjadi pada tanggal 10 Juni 2018 (malam hari).

“Hal ini sesuai dengan info dari BMKG Maritim Perak Surabaya, bahwa yang diperkirakan terjadinya kenaikan itu di wilayah Laut Jawa bagian Timur, Perairan Kepulauan Masalembu dan Perairan Kepulauan Kangean,” kata Usman Kholid, Kepala BMKG Kalianget melalui stafnya, H. Moh. Faqih, Kamis (07/06).

Mengingat tinggi gelombang yang tak bersahabat itu, Faqih berharap bagi yang ada rencana mudik ke kepulauan, agar lebih hati-hati. “Terutama di tanggal 10 Juni 2018 mendatang,” tegasnya.

Sementara Prakiraan Kondisi Cuaca Maritim Perairan Jawa Timur khusus pada hari Jumat (08/07) hingga 24 jam setelahnya, menurut Faqih pada umumnya berawan. Hujan ringan berpotensi terjadi di Laut Jawa bagian timur, Perairan Kepulauan Masalembu, Perairan Pulau Bawean dan Perairan Utara Jawa timur.

“Kondisi Angin arah dominan dari Timur - Tenggara. Dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 24 knots (43 kilometer/jam) dan di Samudera Hindia selatan Jatim adalah 26 knots (47 kilometer/jam). Sedang tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur 0.8 - 2.0 meter dan Samudera Hindia selatan Jatim antara 1.5 - 3.0 meter,” jelasnya. ( M. Farhan M, Esha )