Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-11-2018
  • 407 Kali

BPBD Sumenep Mendata Rumah Rusak Akibat Puting Beliung

Media Center, Kamis ( 08/11 ) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendata kerusakan rumah warga di Desa Muncek Timur, Kecamatan Lenteng, yang rusak akibat terjangan angin puting beliung, Rabu (07/11) kemarin.

Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, R. Abd. Rahman Riadi mengatakan, saat ini pihaknya masih menginventarisasi tingkat kerusakan rumah tersebut, untuk memudahkan saat penyaluran bantuan.

“Ini langkah awal dalam proses pengajuan bantuan. Makanya kami imbau aparat desa dan kecamatan untuk update foto-foto rumah yang rusak akibat angin puting beliung, agar nanti kami bisa usulkan untuk mendapat bantuan,” katanya, Kamis (08/11).

Ia menuturkan, setiap tahun Pemerintah Kabupaten Sumenep menyediakan anggaran untuk bantuan bencana. Nominal bantuan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kerusakan.

Sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 35 Tahun 2015, apabila kerusakannya masuk kriteria berat (RB) nominal bantuan yang akan diberikan sebesar Rp2,5 juta. Untuk kerusakan tingkat sedang (RS) Rp1,5 juta dan untuk kerusakan ringan (RR) sebesar Rp750 ribu.

Sementara kategori rusak ringan, apabila mengalami kerusakan 30 persen, rusak sedang itu 45 persen, sedang rusak berat mencapai 75 persen. “Bantuan dari Pemkab Sumenep itu berupa uang bukan barang,” tukasnya.

Untuk diketahui, Rabu (07/11) kemarin sebanyak 16 rumah di Desa Moncek Timur, Kecamatan Lenteng rusak akibat angin puting beliung. ( Nita, Fer )