Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-11-2018
  • 375 Kali

Bupati Ajak Guru Di HGN, HUT PGRI Nikmati Wisata Sumenep

Media Center, Sabtu ( 17/11 ) Sekitar 55 ribu guru se-Jawa Timur menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN), HUT ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-53 Provinsi Jawa Timur tahun 2018 di Kabupaten Sumenep.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengajak guru yang menghadiri peringatan Hari Guru Nasional hendaknya bisa menikmati sejumlah wisata di Bumi Sumekar, salah satunya adalah Pulau Gili Iyang di Kecamatan Dungkek yang memiliki keistimewaan luar biasa. 

Sebab pulau itu memiliki kandungan oksigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania, sehingga sangat cocok untuk kesehatan. Bahkan di pulau tersebut ada 157 penduduk berusia di atas 100 tahun dan ada yang masih bertahan selama 5 generasi.

“Harapan saya, para guru jangan dulu pulang, jika belum menikmati destinasi wisata kesehatan di Pulau Oksigen Gili Iyang termasuk juga wisata lainnya baik sejarah, kuliner dan alamnya.” tegasnya di hadapan ribuan guru yang hadir memadati Stadion GOR A.Yani pada Peringatan Hari Guru Nasional Provinsi Jawa Timur tahun 2018, Sabtu (17/11).

Bupati menyampaikan, Kabupaten Sumenep memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya, mengingat Kabupaten setempat memiliki 126 pulau, 27 kecamatan diantaranya 9 kecamatan berada di kepulauan dan 330 desa.

Selain itu Kabupaten Sumenep merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki keraton hingga saat ini, sehingga beberapa waktu lalu terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA).

“Setengah bulan lalu, Kabupaten Sumenep sukses menggelar FKMA yang dihadiri para raja, sultan dan pangeran se-ASEAN yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Silahkan para guru selama berada di Sumenep untuk menikmati sejumlah wisata terdekat yang ada di Kecamatan Kota yakni Masjid Jamik, makam raja-raja Sumenep, Museum dan Keraton Sumenep.” imbuh suami Nurfitriana ini.

Puncak Hari Guru Nasional dan Hari Aksara Internasional Kabupaten Sumenep tahun 2018, yang dilaksanakan di Stadion GOR A. Yani Pangligur ditampilkan beragam seni dan budaya masyarakat Sumenep, dintaranya Tari Muang Sangkal, Topeng Dalang dan Tari Masyarakat Pesisir oleh siswa-siswi SMP dan SMA serta guru TK.

Serangkaian kegiatan peringatan Hari Guru Nasional, HUT ke-73 PGRI dan Hari Aksara Internasional ke-53 Provinsi Jawa Timur tahun 2018 di Kabupaten Sumenep antara lain yakni, Pameran Hari Aksara Internasional Provinsi Jawa Timur serta Simposium dan Pameran Pendidikan Kabupaten Sumenep di GOR A. Yani sejak tanggal 16 hingga 17 November 2018. 

Hadir pada pembukaan itu Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, SH, M.Hum, Ketua Umum PGRI, Dr. Unifah Rasyidin, M.Pd, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si dan undangan lainnya. ( Yasik, Fer )