Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-05-2017
  • 305 Kali

Bupati Ajak Masyarakat Memanfaatkan Jaminan Kesehatan Nasional

Media Center, Sabtu ( 20/05 ) Tenaga medis di jajaran Dinas Kesehatan untuk mempertajam sosialiasi kepada masyarakat, tentang pentingnya manfaat mengikuti program Badan Penyenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, sosiliasi penting dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat, supaya memanfaatkan BPJS, demi kepentingan kesehatan dirinya sendiri. Berdasarkan data hingga detik ini, sebanyak 380.000 penduduk katagori non miskin yang tidak terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sedangkan pesertanya yang telah membayar iuran sebanyak 73.619 orang.

”Sementara katogri penduduk katagori miskin yang tidak terdaftar sebagai peserta JKN atau BPJS sebanyak 96.000 orang. Jadi ini yang perlu disosialiasikan oleh semua pihak, baik Dinas Kesehatan dan perangkat Desa,”kata Bupati pada acara Gebyar Pioranis (program pengelolaan penyakit kronis) BPJS Kesehatan di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Sabtu (20/05).

Bupati menyatakan, semua pihak, baik jajaran Dinas Kesehatan sekaligus jajaran Pemerintahan Kecamatan dan Desa untuk ikut berperan aktif menyosialisasikan program BPJS, supaya masyarakat sadar untuk mengikuti program kesehatan national tersebut.

”Semua pihak harus menyadarkan masyarakat untuk membudayakan hidup sehat dan mengikuti program JKN, supaya tidak terbebani biaya apabila memeriksakan kesehatan dirinya di pusat pelayanan kesehatan, baik Puskesmas maupun Rumah Sakit,”imbuh Bupati.

Bupati menambhakan, dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, diharapkan petugas medis untuk bekerja secara professional dan meningkatkan pengabdiannya kepada masyarakat.

“Tenaga medis mempunyai peran strategis dalam mengubah prilaku masyarakat menjadi kondusif terhadap prilaku hidup sehat dan bersih melalui promosi kesehatan,”pungkasnya. ( Yasik, Esha )