Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-01-2019
  • 565 Kali

Bupati Ajak Nelayan Jangan Menjual Ikan Ke Luar Sumenep

Media Center, Kamis ( 24/01 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep mengajak masyarakat nelayan memanfaatkan Gudang Beku Terintegrasi (gudang pembekuan ikan) atau Integrated Cold Stroge (ICS) di Desa Longos Kecamatan Gapura.

“Saya berharap masyarakat atau nelayan terutama di Kecamatan kepulauan untuk menjual ikan hasil tangkapannya di ICS Desa Longos, sehingga tidak lagi menjual ikan hasil tangkapannya ke luar daerah.” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si di sela-sela Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama ICS dengan PT. Perikanan Nusantara (Perinus) Persero di Ruang VIP Rumah Dinas Bupati, Kamis (24/01/2019).

Bupati menyatakan, selama ini, akibat di Kabupaten Sumenep tidak memiliki gudang pembekuan ikan (ICS), nelayan menjual ikan hasil tangkapannya langsung ke luar daerah seperti ke Banyuwangi dan daerah lainnya.

“Diharapkan nelayan setelah beroperasinya ICS itu menjual ikannya di Kabupaten Sumenep saja, sebab tidak ada lagi alasan nelayan untuk menjual ikannya ke luar daerah.” imbuh Bupati dua periode ini.

Bupati menyampaikan, pihaknya mengajak nelayan menjual ikan tangkapannya di ICS Desa Longos Kecamatan Gapura dalam rangka ikut mendukung pembangunan daerah guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saatnya kita sebagai warga Sumenep harus memiliki idealisme untuk memajukan daerah bersama-sama dengan meningkatkan perekonomian masyarakat, contohnya menjual ikan di Sumenep jangan ke luar daerah.” tutur suami Nurfitriana ini.

Bupati menyatakan, pihaknya optimis pengelola gudang beku ikan atau ICS adalah perusahaan profesional mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan, alasannya perusahaan itu telah mengelalo ICS lain di sejumlah daerah di Indonesia yang semakin berkembang pesat. Apalagi PT. Perinus Persero sebelum dilakukan MoU dan perjanjian kerja sama telah menyetor Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp400 juta, sehingga pihaknya optimis perusahaan itu profesional.

“Nelayan jangan ragu menjual ikannya ke ICS Sumenep, sebab PT. Perinus Pesero membeli ikan nelayan dengan harga yang bagus agar nelayan tidak merugi. Yang jelas perusahaan itu juga mengekspor ikan ke luar negeri.” pungkasnya. ( Yasik, Fer )