Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 21-06-2018
  • 458 Kali

Bupati Pantau Kedisiplinan ASN Di Hari Pertama Pasca Cuti Lebaran

Media Center, Kamis ( 21/06 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kelurahan dan Kecamatan, hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Sidak hari pertama masuk kerja ini dilakukan oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, Wakil Bupati, Achmad Fauzi dan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Drs. R. Idris, MM beserta rombongan, Kamis (21/06).

Bupati mengatakan, pihaknya melakukan sidak ke OPD, Kelurahan dan Kecamatan di wilayah daratan, untuk mengetahui angka kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kabupaten Sumenep, di hari pertama masuk kerja setelah libur cuti Lebaran tahun ini.

“Setelah dilakukan absensi kepada ASN di sejumlah OPD bahwa angka kehadiran ASN sangat tinggi rata-rata di setiap OPD mencapai 90 persen lebih. Hanya ada 1 dan 2 ASN di sejumlah OPD itu tidak masuk kerja dengan alasan sakit yang dibuktikan surat keterangan dokter.” tegas Bupati di sela-sela kegiatan sidak di Kantor Bapedda.

Bupati menyatakan, selain melakukan sidak tingkat kehadiran ASN, juga ingin mengetahui kondisi lingkungan setiap OPD seperti kondisi bangunan, perlengkapan kantor terutama sarana absensi online dan lahan parkir kendaraan.

Berdasarkan hasil kunjungan itu, ternyata masih ada lingkungan OPD yang perlu diperhatikan oleh pimpinannya, semisal di salah satu OPD perlu adanya lahan parkir kendaraan. Sebab penataan parkir kendaraan sangat semraut padahal areal kantor itu sangat luas.

“Saya sudah menginstruksikan kepala dinas segera menyediakan lahan parkir baik bagi ASN di instansinya maupun masyarakat yang datang ke kantornya, supaya tidak semraut parkirnya. Termasuk pintu pagar di OPD lainnya yang rusak dan tidak bisa dibuka segera dilakukan perbaikan tidak perlu menunggu dana dari APBD, karena sudah jelas keliru kantor pintu pagarnya tertutup.” imbuhnya.

Terpisah Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengungkapkan, kedisiplinan ASN di hari pertama masuk kerja setelah libur cuti Lebaran di OPD yang menjadi sasaran sidak juga sangat tinggi meskipun ada ASN yang belum masuk kantor karena sakit.

Pihaknya meminta, tingginya angka kehadiran ASN di hari pertama masuk kerja jangan karena ada sidak, namun kedisiplinan masuk kantor harus terus berlanjut di hari-hari selanjutnya, supaya roda pemeritahan dan pelayanan publik semakin baik setiap tahun.

“Kami (Pemkab Sumenep) terus berupaya meningkatkan sistem pemantauan kedisiplinan ASN seperti absensi online dan pengawasan lain. Apabila ada ASN tidak masuk kerja di hari pertama tanpa keterangan yang jelas pasti ada sanksi tegas sesuai peraturan.” tutur pengusaha muda sukses ini.

Sementara itu Bupati bersama rombongan diantaranya RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Bappeda, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Tenaga kerja dan Dinas Perhubungan.

Wakil Bupati Achmad Fauzi sasaran sidaknya antara lain, Sekretariat Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas PPPA dan KB, Dinas PRKP dan Cipta Karya, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Sosial. Sedangkan Penjabat Sekda, R. Idris diantaranya Dinas PU Bina Marga, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga. ( Yasik, Esha )