Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 26-05-2018
  • 468 Kali

Bupati: Sumenep Adalah Kota Kecil Tapi Penuh Dengan Keindahan

Media Center, Sabtu ( 26/05 ) Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, mengatakan, Kabupaten Sumenep yang berusia 748 tahun pasti mengandung keunikan dan kelebihan baik itu perjalanan sejarah dan potensi daerah.

“Dari perjalanan sejarahnya, Kabupaten Sumenep adalah simbol pemersatu bangsa, karena salah satu tokoh penting berdirinya kerajaan Majapahit adalah adipati pertama Sumenep, yakni Arya Wiraraja.” kata Bupati pada Pembukaan Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) LPP RRI tingkat Nasional ke-49 tahun 2018 di depan Masjid Jamik Sumenep, Sabtu (26/05).

Bupati mengatakan, Kabupaten Sumenep adalah Kota kecil namun di balik Kota kecil itu memiliki sejuta keindahan, diantaranya menjadi miniatur keragaman umat beragama, sebab hingga saat ini, kerukunan umat beragama tetap harmonis. Bahkan di Desa Pabian Kecamatan Kota Sumenep, ada Masjid, Gereja dan Kelenteng yang berdiri tegak berdampingan.

“Meskipun bangunan ibadah itu berdampingan tidak ada gesekan apapun selama ratusan tahun. Begitu pula, bangunan Masjid Jamik Sumenep menjadi bukti sejarah simbol akulturasi antar budaya yakni Arab, Cina dan Eropa.” tegasnya.

Selain perjalanan sejarah yang penuh dengan kelebihan, tutur Bupati, Sumenep juga memiliki kekayaan budaya kearifan lokal dan wisata yang luar biasa dan kelebihannya tidak kalah bahkan tidak ada di daerah lain di Indonesia.

Salah satunya pulau Oksigen Gili Iyang Kecamatan Dungkek yang memiliki kadar oksigen terbaik di Indonesia bahkan kedua di dunia setelah Yordania, sehingga pulau ini sangat layak menjadi wisata kesehatan.

“Pulau Gili Iyang memiliki kadar oksigen tertinggi berdasarkan hasil penelitian oleh Lapan dan Kementerian Kesehatan RI. Di Pulau tersebut banyak penduduk berusia diatas 100 tahun dan kondisinya masih sehat dan bugar, bahkan saat ini ada 157 penduduk usia diatas 100 tahun lebih.” tandasnya.

Bupati berharap, peserta PTQ RRI bisa menikmati budaya dan wisata Sumenep setelah melaksanakan tugasnya mengikuti lomba, sehingga benar-benar menikmati keunikan dan kelebihan Kabupaten Sumenep yang usianya ratusan tahun.

“Saya harapkan peserta PTQ RRI bisa berkunjung ke pulau oksigen Gili Iyang agar bisa merasakan nikmatnya oksigen terbaik di Indonesia. Jadi inilah sebagian potensi Kabupaten Sumenep, sebagai Kota kecil tapi kecil yang kaya dengan keindahan dan kelebihannya.” pungkasnya. ( Yasik, Fer )