Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-09-2019
  • 477 Kali

Camat Ganding Kampanyekan Gerakan Kurangi Sampah Plastik

Media Center, Rabu ( 18/09 ) Camat Ganding, Faruq Hanafi, S.Sos, M.Si, merespons positif salah satu upaya Badan Usaha Kreatif (BUK) di Desa Rombiya Barat, Kecamatan Ganding yang melakukan upaya gerakan mengurangi sampah plastik dengan karya nyata.

“Kami sangat merespon positif upaya Badan Usaha Kreatif (BUK) di Desa Rombiya Barat, yang pemudanya melakukan gerakan mengurangi sampah plastik melalui pembuatan wadah makanan, dan tas yang terbuat dari daun siwalan,” ungkap Faruk Hanafi, Rabu (18/09/2019).

Menurutnya, saat ini waktunya masyarakat turut mengurangi sampah plastik, salah satunya dengan memanfaatkan kembali daun siwalan yang lebih familiar dengan sebutan “rakara” untuk dibuat wadah pengganti plastik atau wadah lain berbahan plastik, karena juga lebih efisien dan ekonomis.

Bahkan, diakui Faruq, jika wadah berbahan daun siwalan ini memang efektif dan tidak hanya untuk sekali pakai, namun dapat digunakan berkali-kali, dan mampu bertahan bertahun-tahun sesuai dengan penggunaan dan perawatannya. 

Karena itu, pihaknya berharap masyarakat turut mengkampanyekan gerakan mengurangi sampah plastik dengan karya nyata.

“Kami mengajak masyarakat untuk turut mengkampanyekan gerakan mengurangi penggunaan plastik dan diganti dengan membuat karya nyata seperti peralatan tradisional yang ramah lingkungan,” tandasnya. ( Ren, Esha )