Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-02-2020
  • 534 Kali

Cegah Abrasi, Pokmaswas Saronggi Tanam Ribuan Bibit Mangrove

Media Center, Rabu ( 12/02 ) Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Reng Paseser Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep terus menggalakkan aksi penanaman ribuan bibit pohon mangrove. Hal itu sebagai aksi peduli lingkungan, sekaligus mencegah dari bencana abrasi yang sering terjadi di sekitar pesisir pantai.

Sekretaris Pokmaswas Reng Paseser Kecamatan Saronggi, Fadel Abu Aufa mengungkapkan, hingga saat ini sudah ada sekitar sepuluh ribu bibit mangrove yang ditanam di sekitar pesisir pantai Saronggi.

“Kami melakukan penanaman bibit mangrove ini untuk mencegah terjadinya abrasi, sekaligus melestarikan lingkungan laut,” ungkap Fadel, Rabu (12/02/2020).

Menurutnya, Pokmaswas Reng Paseser Saronggi ini juga berinisiatif mengembangkan Eco Wisata Mangrove, agar bisa menarik wisatawan dan mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar pesisir.

Diakuinya, jika saat ini komunitasnya juga gencar mengampanyekan pentingnya kesadaran masyarakat menjaga kelestarian mangrove untuk bersama-sama mencegah bencana abrasi dan kerusakan ekosistem laut.

“Syukurlah, gerakan aksi penanaman bibit mangrove tersebut banyak mendapat dukungan dari berbagai elemen pemerintah dan swasta, semisal dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep, Satpolair Sumenep hingga unsur pemerintahan Desa di Kecamatan Saronggi,” tandasnya. ( Ren, Esha/Fer )