Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-01-2020
  • 499 Kali

Cegah Banjir, Imbau Masyarakat Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Media Center, Jumat ( 17/01 ) Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan merupakan salah satu upaya mengurangi berbagai persoalan yang seringkali terjadi seperti tersumbatnya saluran air, banjir, lingkungan berbau busuk dan sebagainya.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid yang menyayangkan masih banyaknya masyarakat seringkali membuang sampah di sungai maupun di saluran drainase, sehingga mengakibatkan genangan air bahkan banjir di seputar Kota Sumenep.

“Selain dibutuhkan kerja sama antar OPD dalam menangani masalah sampah dan antisipasi banjir dibutuhkan kesadaran masyarakat,” ungkap Chainur, Jumat (17/01/2020).

Menurutnya, masalah banjir yang sering melanda Kota Sumenep juga disebabkan kiriman air dari hulu sungai, seperti halnya dari Kecamatan Rubaru dan Manding ke Sungai Patrian, sedangkan dari wilayah barat ke sungai Anjuk Desa Nambakor.

Apabila hujan di wilayah hulu sungai, maka akan berpeluang besar terjadi banjir. Kalau sudah di Desa Nambakor, Manding, Rubaru, dan Dasuk hujan lebat perlu diwaspadai karena bisa berisiko tinggi.

“Karena itu, kesadaran masyarakat khususnya di sekitar sungai untuk tidak membuang sampah di aliran sungai,” tambahnya. ( Ren, Fer )