Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-08-2020
  • 610 Kali

Ciptakan Masyarakat Sehat, Pemkab Sumenep Ajak Konsumsi Ikan

Media Center, Jumat ( 28/08 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap masyarakat terus meningkatkan konsumsi ikan sebagai kebutuhan sehari-hari, untuk membangun gizi individu atau kolektif masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si mengatakan, seluruh pihak terkait untuk senantiasa menajamkan gerakan yang memotivasi masyarakat agar selalu mengkonsumsi ikan secara teratur sebagai kebutuhan sehari-hari.

“Dengan mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan supaya terbentuk masyarakat Sumenep yang sehat, kuat, dan cerdas, sekaligus sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kasus stunting,” jelas Sekda pada Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) tahun 2020 di Desa Lembung Timur Kecamatan Lenteng, Jum’at (28/08/2020).

Apalagi wilayah Kabupaten Sumenep hampir separuhnya adalah kepulauan atau lautan, sehingga masyarakat harus terus membudayakan makan ikan, agar tingkat konsumsi ikan dari tahun ke tahun terus meningkat.

“Hingga tahun 2019, di Kabupaten Sumenep tingkat konsumsi ikan sebesar 55,49 per kapita per tahun atau lebih tinggi dari tingkat konsumsi ikan Jawa Timur sebesar 36,46 per kapita per tahun dan lebih tinggi dari rata-rata nasional tingkat konsumsi ikan sebesar 50,64 per kapita per tahun,” imbuh Sekda.

Sekda mengungkapkan, pemerintah untuk mendongkrak tingkat konsumsi ikan masyarakat sejak tahun 2004, telah mencanangkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), sebagai awal arah dan kebijakan secara terus menerus melakukan Gemarikan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai ke desa-desa.

“Ikan memiliki berbagai keunggulan sumber nutrisi esensial. Sebagai bahan pangan, ikan tidak hanya sumber protein, ikan juga sebagai sumber lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif,” imbuh Sekda Edy Rasiyadi.

Kampaye Gemarikan digagas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur berupa pemberian paket produk perikanan dan masker sebanyak 150 paket, dalam rangka penanggulangan dampak Virus Corona atau Covid-19.

Sementara, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Sumenep, Nurfitriana Busyro, SE, MM menambahkan, kampaye Gemarikan yang dilakukan upaya nyata dalam mengedukasi masyarakat agar ada ketertarikan untuk memprioritaskan nutrisi dari ikan daripada daging dan lainnya.

“Pengurus Forikan Sumenep harus menjadi motor penggerak dalam memasyarakatkan gemar makan ikan bagi masyarakat, sehingga tingkat konsumsi ikan semakin tinggi,” harapnya.

Begitu pula semua masyarakat menyosialisasikan konsumsi ikan, karena meningkatkan konsumsi ikan sebagai kebutuhan sehari-hari, tidak optimal jika hanya dilakukan organisasinya saja.

“Seluruh komponen bahu membahu dan penuh keseriusan berperan aktif dalam mengkampanyekan gerakan makan ikan. Mulailah dari keluarga mengkampanyekan gemarikan,” pungkas Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini. ( Yasik, Fer )