Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 13-02-2020
  • 1736 Kali

Daftar Tunggu Haji Di Kabupaten Sumenep Mencapai 29 Tahun

Media Center, Kamis ( 13/02 ) Daftar tunggu haji di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mencapai 29 tahun. Karena jumlah pendaftar Jemaah Calon Haji di Kabupaten paling ujung timur Pulau Madura ini, setiap harinya mencapai 25 hingga 30 orang.

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Moh. Rifai Hasyim mengatakan, panjangnya daftar tunggu haji ini disebabkan tingginya animo masyarakat dalam menunaikan rukun Islam yang ke lima.

"Dengan daftar tunggu mencapai 29 tahun itu, maka kalau mendaftar tahun ini, perkiraan bisa berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2049,” tuturnya, Kamis (13/02/2020).

Untuk Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Sumenep yang akan berangkat pada tahun ini sebanyak enam ratus lima puluh dua orang. Mereka mendaftar pada tanggal 1 Maret hingga 8 September 2011.

Di luar tanggal tersebut masih menjadi daftar tunggu pemberangkatan tahun berikutnya.

Dari ratusan JCH yang akan berangkat tahun ini telah mengurus paspor. Kemenag sengaja mendahulukan pengurusan paspor dari pada pelunasan biaya perjalanan untuk menghindari persoalan menjelang pemberangkatan. ( Nita, Esha/Fer )