Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-12-2017
  • 444 Kali

Desa Marengan Laok Wakili Sumenep Pada Lomba PKK Jatim

Media Center, Kamis ( 14/12 ) Untuk pertama kalinya Tim Penggerak (TP) PKK Desa Marengan Laok Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep mewakili Kabupaten Sumenep pada Lomba Pelaksanaan 10 Program PKK tingkat Provinsi Jawa Timur 2017. Pencapaian PKK Desa Marengan Laok itu sebagai prestasi yang luar biasa, karena sejak lomba itu dilaksanakan, baru pertama kali Kabupaten Sumenep menjadi nominasi penilaian tahun ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep, Ny. Nurfitriana Busyro mengatakan, pihakya telah menyiapkan PKK Desa Marengan Laok sebagai perwakilan Kabupaten Sumenep untuk mengikuti lomba tingkat Propinsi Jawa Timur itu sejak satu tahun lalu.

Terpilihnya Desa Marengan Laok, karena PKK Desa setempat dinilai yang terbaik dari PKK Desa lainnya, selain itu aspek penting terpilihnya Desa Marengan Laok mewakili Kabupaten Sumenep, yakni secara demografis Desa itu dulu terkenal kotor dan terbelakang, serta tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakatnya rendah.

“Namun, setelah ada sentuhan kegiatan PKK di Desa Marengan Laok, lambat laun Desa itu sudah lepas dari semua predikat itu, tentu saja progres perubahan di Desa Marengan Laok itulah sebagai nilai tambahan poin untuk mewakili Kabupaten Sumenep ikut penilaian tahun ini,”tegas Ny. Nurfitriana Busyro saat ditemui disela-sela acara penerimaan Tim Penilai Lomba Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK tingkat Propinsi Jawa Timur, Kamis (14/12) di Desa Marengan Laok, Kecamatan Kalianget.

Ia menyatakan, pihaknya sangat bangga atas pencapaian PKK Desa Marengan Laok, karena semenjak dilaksanakan lomba tingkat propinsi itu, baru kali ini Kabupaten Sumenep bisa masuk nominasi 7 besar.

“Tentu saja prestasi itu tidak lepas dari peran dan dukungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah daerah, pengurus PKK, dan masyarakat Desa Marengan Laok, serta semua pihak yang berkaitan langsung atupun tidak langsung,”tambahnya.

Ny. Nurfitriana Busyro mengungkapkan, pencapaian yang dilakukan PKK Desa Marengan Laok merupakan percontohan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep dalam rangka memajukan Tim Penggerak PKK Desa se Kabupaten Sumenep.

Untuk itu diharapkan, terpilihnya Kabupaten Sumenep menjadi nominasi di lomba itu, bahkan bisa menjadi juara, bisa meningkatkan semangat pengurus dan anggota PKK di Sumenep, supaya berpacu lebih baik dimasa mendatang,”pungkasnya.

Sementara itu, Tim Penilain Propinsi Jawa Timur, Ir. Theresia M. Subagyo menambahkan, pihaknya menilai sesuai dengan pelaporan kegiatan PKK Desa, dengan agenda di administrasinya, apakah memang kegiatan PKK sesuai proposal dan ada kegiatannya.

“Saya terkesan dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep yang telah melakukan pembinaan kepada PKK Desa, terutama administrasi dan kegiatannya. Kami harapkan pembinaan kepada PKK Desa terus dilakukan jangan karena ada perlombaan saja, sehingga PKK di Kabupaten Sumenep benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,”katanya. ( Yasik, Esha )