Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-03-2018
  • 496 Kali

Diharapkan IPHI Tidak Lakukan Kegiatan Yang Bersifat Seremonial

Media Center, Rabu ( 28/03 ) Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, pihaknya mendukung dan menyambut baik terbentuknya kepengurusan baru Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Sumenep.

“Kami mengakui keberadaan IPHI sebagai organisasi yang banyak berperan besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara, termasuk Kabupaten Sumenep, karena organisasi itu telah terbentuk sejak tahun 1900,” kata Wakil Bupati pada pelantikan Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Sumenep, masa khidmat 2018-2013, di Pendopo Agung, Keraton Sumenep, Rabu (28/03).

Wakil Bupati berharap, IPHI dengan pengalaman organisasi benar-benar menjadi wadah bagi umat muslim yang telah menunaikan ibadah haji, agar tetap menjaga silaturrahim dan persaudaraan. Bahkan, melakukan kegiatan rutin yang dilaksanakan di tiap-tiap Kecamatan untuk memberikan pencerahan kepada umat muslim yang telah berhaji, supaya tetap menjaga predikat sebagai haji mabrur.

“Saya harapkan IPHI Sumenep untuk membuat kegiatan di setiap Kecamatan, dalam rangka mengajak umat muslim yang telah menunaikan ibadah haji, guna meningkatkan ibadahnya sekaligus menghindari tindakan dan perbuatan yang melanggar agama,” imbuh politisi muda ini.

Wakil Bupati mengungkapkan, Pemerintah Daerah pasti mendukung program IPHI termasuk Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sumenep untuk kemaslahatan masyarakat Sumenep. Pihaknya telah berkomunikasi dengan pimpinan di DPRD Sumenep untuk mendukung program IPHI dan BWI Kabupaten Sumenep, sehingga diharapkan 2 organisasi itu bersinergi dengan Pemerintah Daerah.

“Kami ingin IPHI maupun BWI bisa lebih bersinergi dengan Pemerintah Daerah, agar keberadaannya tidak hanya seremonial belaka dalam bidang keagamaan, termasuk bidang lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, pemberdayaan umat, dan sebagainya, sehingga organisasi itu memiliki kontribusi terhadap kemaslahatan masyarakat,” pungkasnya.

Pelantikan Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Sumenep dilakukan oleh Ketua IPHI Jawa Timur, Khairul Jailani. Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Sumenep Masa Khidmat 2018-2023, antara lain Pengurus Harian, Ketua, Drs. Mahfud Rahman, Sekretaris, H. Moh. Rifa’i Gazim, dan Bendahara, H. Khairuddin. ( Yasik, Esha )