Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 27-02-2020
  • 1074 Kali

Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan Akan Wujudkan Kampung IB

Media Center, Kamis ( 27/02 ) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep tahun 2020 ini bertekad akan mewujudkan Kampung Inseminasi Buatan (IB). Bahkan, saat ini Dinasnya akan fokus mengembangkan program IB itu di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Guluk-guluk, Ganding, dan Lenteng (Luganteng).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Ir. Bambang Heriyanto, M.Si mengungkapkan, sebenarnya progam IB ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu. Namun, tahun ini lebih difokuskan di tiga Kecamatan yang berpotensi, sehingga nantinya akan mampu mewujudkan Kampung IB.

“Jadi, untuk tahun ini kami akan fokus untuk melakukan pembibitan ternak sapi melalui inseminasi buatan di Luganteng untuk mewujudkan Kampung IB,” ungkap Bambang, Kamis (27/02/2020).

Menurutnya, inseminator yang ada sudah menjadi paramedis yang tentunya sangat paham kapan ternak IB ini akan melahirkan dan bagaimana pemeliharaan yang benar dengan sistem paramedis tersebut.

Diakui mantan Kepala Dinas Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sumenep ini, jika target Kampung IB di tiga Kecamatan itu benar-benar akan terwujud, mengingat potensi peternakan di tiga wilayah tersebut selama ini cukup bagus.

“Dengan adanya Kampung IB, nantinya kami harapkan juga akan terwujud Destinasi Wisata Kampung IB, sehingga akan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Sumenep,” tandasnya. ( Ren, Esha/Fer )