Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 10-01-2018
  • 241 Kali

Dinkes Himbau Masyarakat Peduli Terhadap Kebersihan Lingkungan

Media Center, Rabu ( 10/01 ) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya penyebab bersarangnya sumber penyakit akibat lingkungan yang kumuh.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr. Hj. Dwi Regnani, M.Kes kepada Media Center, Rabu (10/01).

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan menjadi kunci, utamanya terhindarnya berbagai penyakit, seperti yang banyak terjadi pada musim hujan, yakni Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Kami himbau masyarakat untuk beprilaku hidup bersih dan tekun menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di seputar tempat tinggalnya,”ungkapnya.

Untuk itu, menurut mantan Kepala UPT Puskesmas Batuputih ini, disamping terus menggalakkan kebersihan lingkungan, Dinas Kesehatan juga terus melakukan sosialisasi pentingnya 3M plus, yaitu menguras, menutup dan mengubur barang-barang bekas, ditambah dengan ikanisasi, dan lotion anti nyamuk.

Bahkan, dalam rangka mengantisipasi penyebaran nyamuk aides aigeyti, Dinas Kesehatan juga membentuk Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) untuk memantau rumah warga, sehingga jika ditemukan satu jentik nyamuk, maka langsung dilakukan pembersihan. Bahkan, gerakan satu rumah satu pemantau jentik, juga terus digalakkan dan sudah dilaksakan di beberapa Kecamatan.

“Syukurlah, berkat kesadaran masyarakat dan sosialisasi di Puskesmas, upaya menekan prevelensi DBD ini berhasil dilakukan di tahun 2017 hingga saat ini,”tandasnya.

Dikatakan pula, salah satu upaya yang juga harus digalakkan melalui program gerakan Jumat bersih di sejumlah instansi dan sekolah-sekolah, sehingga nantinya juga menjadi kebiasaan di rumah dan di lingkungan masyarakat. ( Ren, Esha )