Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 07-02-2020
  • 383 Kali

Dinkes Sumenep Imbau Masyarakat Biasakan Hidup Bersih Dan Sehat

Media Center Jumat ( 07/02 ) Penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini sudah menurun dari awal musim hujan yakni di Bulan November dan Desember, namun masyarakat diharapkan tetap menjaga kebersihan dan pola hidup bersih agar terhindar dari berbagai penyakit.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Kusmawati kepada Media Center, Jum'at (07/02/2020).

Menurutnya, instansinya melalui petugas kesehatan seperti di Puskesmas-Puskesmas terus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan pola hidup bersih dan sehat.

"Kami imbau masyarakat khususnya di wilayah perkotaan yang penduduknya beragam, mulai dari yang berpendidikan tinggi hingga rendah, untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat," ungkapnya.

Diakui Kusmawati, jika terbanyak penderita DBD memang dari masyarakat yang tinggal di Kota, salah satu faktornya karena nyamuk aides aigepty mudah berkembang biak di wilayah perkotaan yang banyak genangan air, seperti dalam botol bekas dan tempat-tempat genangan air, sehingga menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan masyarakat disamping tidak membiarkan barang-barang yang mudah terisi air saat hujan, juga harus selalu membiasakan menguras bak mandi seminggu sekali atau menempatkan ikan kecil pemakan kuman di air.

"Langkah tersebut memang sangat efektif untuk menjadikan lingkungan tetap bersih dan sehat, sehingga aman dari segala bentuk penyebab terjadinya berbagai macam penyakit," tambahnya. ( Ren, Fer )