Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-04-2018
  • 318 Kali

Disdik Upayakan Semua SMPN Bisa Laksanakan UNBK

Media Center, Selasa ( 24/04 ) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep bertekad Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), tahun 2019 bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sehingga tidak ada lembaga penyelenggara melaksanakan UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil).

“Kami mengupayakan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupatesn Sumenep tahun depan, untuk mengusulkan program bantuan seperangkat komputer kepada SMPN yang belum memiliki komputer untuk melaksanakan UNBK,” kata Kepala Bidang Pembina Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Moh. Iksan, Selasa (24/04).

Moh. Iksan menyatakan, jumlah bantuan seperangkat komputer kepada lembaga pendidikan SMP Negeri itu, menyesuaikan dengan jumlah siswa di masing-masing lembaga penerima bantuan. Karena acuan jumlah bantuan komputer menyesuaikan dengan jumlah siswa, pihaknya memastikan setiap SMP Negeri menerima bantuan tidak sama diantara masing-masing lembaga.

“Kami mengkalkulasi, kalau di SMP Negeri jumlah siswanya sebanyak 100 lebih siswa, tentu saja sekolah itu menerima sebanyak 20 unit seperangkat komputer, sedangkan sekolah yang jumlah siswanya di bawah 100 siswa, akan mendapat bantuan 10 unit komputer,” tuturnya.

Moh. Iksan mengungkapkan, berdasarkan data, SMP Negeri yang belum melaksanakan UNBK pada tahun ini, dari 173 lembaga penyelenggara ujian, yakni sebanyak 24 lembaga penyelenggara UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil), sedangkan yang melaksanakan UNBK sebanyak 149 lembaga.

“Program bantuan komputer itu, sebagai upaya untuk mempersiapkan, agar SMP Negeri di Sumenep bisa melaksanakan UNBK tahun depan. Semoga saja usulan program itu bisa terealisasi di APBD 2019,” pungkasnya. ( Yasik, Esha )