Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-01-2020
  • 567 Kali

Disparbudpora Sumenep Tingkatkan Wisatawan Dengan Sistem Digital Berlangganan

Media Center, Senin ( 20/01 ) Terobosan baru akan diciptakan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk meningkatkan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten setempat. Salah satunya dengan menerapkan sistem digital berlangganan.

Kepala Disparbudpora Sumenep, Drs. Bambang Irianto, M.Si, mengatakan, sistem digital berlangganan ini menjadi salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan tahun 2020.

“Kita akan memanfaatkan sistem digital guna mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sumenep. Ya konsepnya kita akan pakai sistem digital berlangganan,” kata Bambang, Senin (20/01/2020).

Pola yang akan diterapkan dalam sistem digital berlangganan ini, lanjut Bambang, setiap pengunjung yang datang ke objek wisata tinggal menggesekkan kartu khusus yang sudah terisi saldonya atau bisa menggunakan ATM.

“Jadi pengunjung tinggal gesek kartu sudah bisa masuk ke objek wisata. Sedangkan bagi yang belum memiliki kartu khusus wisata, maka bisa membeli di loket,” terangnya.

Banyak keuntungan dengan memiliki kartu berlangganan ini, yakni bagi pengunjung objek wisata yang sudah berlangganan bisa mendapatkan diskon atau bonus.

“Ya pasti ada bonus atau diskon bagi yang memiliki kartu berlangganan,” tandasnya.

Disisi lain dengan adanya sistem digital berlangganan ini, maka angka pengunjung wisata akan riil dan tingkat kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak akan terjadi. “Program ini pasti akan sangat menguntungkan bagi daerah,” tukasnya.

Ia mengaku sangat yakin program digital berlangganan ini mampu meningkatkan kunjungan wisata. Namun semua itu tentunya harus ada dukungan dari semua elemen masyarakat, sehingga Sumenep akan menjadi tempat tujuan wisata di Negara ini.

“Kami akan mulai membenahi sejumlah objek wisata, juga menggerakkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) agar pengunjung yang datang merasa nyaman dan aman,” pungkasnya.

Di Sumenep ada beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan, di antaranya Pantai Lombang dengan keindahan pasir putih dan cemara udangnya. Kemudian ada Pantai Slopeng dengan bukit pasirnya, lalu ada Gili Labak dan Gili Iyang yang menjadi Ikon Indonesia dengan memiliki Oksigen sekitar 20 persen. ( Nita, Fer )