Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 19-06-2020
  • 201 Kali

Dispertan Jatim Tinjau Langsung Dryer Dan Tempat Penggilingan Padi

Media Center, Jum’at ( 19/06 ) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur menggelar Kunjungan Kerja (Kunker), dengan meninjau langsung alat pengering (dryer) dan tempat penggilingan padi (RMU) di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Al-Barokah, Desa Talang, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Ir. Hadi Sulistyo, M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan kreativitas petani yang mempunyai nilai tinggi lebih di kelompok tani secara mandiri, dikarenakan dapat memproduksi beras sendiri dan menjaga stok ketahanan pangan.

“Pembinaan kelompok tani juga tidak terlepas dari sarana berupa alat instan mesin pertanian, yakni mulai dari alat panen, pengering, hingga packging beras, sebagai unit usaha kelompok,” ungkap Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur di sela-sela peninjauan berlangsung, Jum’at (19/06/2020).

Selain itu, ia mengajak kepada masyarakat petani untuk lebih meningkatkan dalam bidang pertanian dengan mengikuti anjuran teknologi pertanian, sehingga produksi meningkat. Alat yang ditinjau di Gapoktan Al-Barokah yaitu alat penggilingan, pengering padi, dan packging beras serta gudang atau lumbung padi.

Acara peninjauan tersebut dihadiri oleh beberapa unsur sebanyak lima puluh orang, di antaranya Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, Kepala Dinas Pertanian, Tanam Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun), Wakil Kepala Kepolisian Resor (Waka Polres) Sumenep, dan unsur lainnya. Serta tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker. ( KIM-SKMS/Ismi, Fer )