Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-02-2020
  • 645 Kali

DKPP Sumenep Programkan Kemitraan Peternakan Domba Di Sapudi

Media Center, Jum'at ( 28/02 ) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep tidak hanya akan mewujudkan Kampung Inseminasi Buatan (IB) di tiga Kecamatan yakni Guluk-Guluk, Ganding dan Lenteng (Luganteng), namun ternak domba juga dilirik untuk dikembangkan di Kepulauan Sapudi, yang ternyata memiliki potensi pemasaran sangat bagus.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep, Ir. Bambang Heriyanto, M.Si, mengungkapkan, dalam rangka mengembangkan peternakan kambing dan domba di kepulauan Sapudi, pihaknya tetap akan melibatkan berbagai pihak utamanya masyarakat peternak.

"Untuk mengembangkan usaha peternakan domba ini kami tentunya akan melakukan program kemitraan mulai dari pembibitan hingga pemasaran," ungkap Bambang, Jum'at (28/02/2020).

Menurutnya, dukungan pertama adalah dari Bappeda Kabupaten Sumenep yang sudah mensupport program peternakan domba di kepulauan Sapudi ini. Sedangkan pengadaan bibit ternak dari masyarakat yang akan diberikan kepada para peternak dalam program kemitraan ini dan upteker adalah pembeli.

Sedangkan kemitraan berikutnya menurut mantan Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Sumenep ini adalah perbankan, kemudian Dinas sendiri merupakan pembina teknis yang senantiasa terus memantau perkembangan program peternakan domba ini.

"Kami harapkan potensi yang ada Ini bisa dioptimalkan karena potensi kambing yang ada saat ini mencapai 153 ribu lebih dan domba sebanyak 38 ribu lebih," tambahnya. ( Ren, Fer )