Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-08-2017
  • 349 Kali

DLH Himbau Masyarakat Jaga Lingkungannya

Media Center, Jumat ( 25/08 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menghimbai masyarakat, khususnya di Sumenep untuk menjaga lingkungannya dari bahaya kebakaran yang seringkali terjadi pada musim kemarau. Apalagi musim kemarau kali ini angin kencang, sehingga jika terjadi kebakaran, api cepat menjalar.

“Kami himbau masyarakat untuk tidak membakar apapun di lokasi yang dikhawatirkan bisa merambah ke pohon atau benda lain yang mudah terbakar,”ungkap Kepala DLH Kabupaten Sumenep, Ir. HM. Syahrial, M.Si, kepada Media Center, Jumat (25/08).

Diakui, HM. Syahrial, jika selama ini masyarakat kadang tanpa sengaja membuang puntung rokok atau membakar tumpukan sampah di suatu tempat, kemudian di tinggal begitu saja, sehingga akhirnya meskipun hanya karena percikan api kecil bisa besar menjalar, bahkan semakin tidak terkendali.

Kelalaian tersebut sering terjadi, karena kebiasaan masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan hidup. Seharusnya, ketika harus membuang puntung rokok misalnya harus dipastikan apinya sudah mati. Dan kalau membakar sesuatu harus dijaga dan memastikan saat ditinggal api sudah padam.

“Sebab, jika menjalar kemana-mana hingga terjadi kebakaran, akan menimbulkan kerugian besar meskipun diawali hal-hal kecil,”tandasnya.

Syahrial menambahkan, meskipun selama ini di Sumenep belum pernah terjadi kebakaran hutan dalam skala besar, baik hutan rakyat maupun hutan milik Perhutani seperti di Kepulauan dan sebagian didaratan, namun kewaspadaan harus tetap dijaga. ( Ren, Esha )