Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-12-2019
  • 471 Kali

DWP Disdik Gelar Lomba Cipta Dan Kreasi Menu Ikan Laut

Media Center, Selasa ( 17/12 ) Guna mendorong minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan laut, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep mengadakan lomba cipta menu dan kreasi masakan berbahan dasar ikan laut.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sumenep, Khusnul Khotimah Rasiyadi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk memasyarakatkan mengonsumsi ikan laut, karena ikan laut (ikan laut bersirip) megandung banyak vitamin Omega 3 yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan sekaligus menyehatkan bagi keluarga.

“Kabupaten Sumenep mempunyai wilayah perairan seluas 50 ribu M2 yang tentu saja potensi perikanan melimpah ruah, sehingga tugas bersama untuk mengajak masyarakat gemar makan ikan laut di keluarganya,” tegasnya saat membuka lomba di Gedung Ki Hajar Dewantoro, Selasa (17/12/2019).

Dia berharap, melalui lomba ini bisa menambah kemampuan ibu-ibu Dharma Wanita Dinas Pendidikan di bidang kuliner, mengingat memasak termasuk ikan laut tidak hanya sekedar enak rasanya semata melainkan juga memiliki tampilan menarik.

“Ibu-ibu dalam membuat kuliner ikan laut mengolahnya dengan berbagai macam olahan supaya keluarganya semakin tinggi mengonsumsi ikan, sekaligus menghindari kejenuhan makan ikan, namun tidak menghilangkan nilai gizi ikannya,” tutur Khusnul Khotimah Rasiyadi.

Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sumenep sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Dinas Pendidikan, alasannya lomba ini tidak hanya menciptakan kuliner ikan laut, namun juga sebagai sarana mengkampanyekan gemar makan ikan laut kepada masyarakat.

“Manakala masyarakat sangat tinggi mengonsumsi ikan laut tidak hanya berefek kepada pertumbuhan dan kesehatan saja, namun berdampak pula pada kebutuhan ikan yang mampu meningkatkan roda perekonomian melalui industri perikanan,” papar Khusnul Khotimah yang juga Isteri Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, M.Si ini.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sumenep, Khusnul Khotimah Rasiyadi usai membuka lomba melakukan pemotongan nasi tumpeng untuk memperingati Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan dan meninjau peserta lomba.

Sementara Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Aida Laila Bambang mengungkapkan, peserta lomba cipta menu dan kreasi masakan berbahan dasar ikan laut sebanyak 72 kelompok dari unsur Dinas Pendikan baik daratan maupun kepulauan.

“Kami mengadakan lomba ini, tujuannya meningkatkan kreativitas dan inovasi ibu-ibu di organisasinya dalam menciptakan produk olahan berbahan dasar ikan laut, sekaligus menggalakkan program peningkatan konsumsi ikan kepada masyarakat,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )