Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 29-08-2017
  • 388 Kali

Forikan Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan Di Keluarga

Media Center, Selasa ( 29/08 ) Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Sumenep mengajak masyarakat meningkatkan konsumsi ikan sebagai menu dalam kehidupannya, demi meningkatkan kesehatan dan kecerdasan.

Ketua Forikan Kabupaten Sumenep,  Ny. Nurfitriana Busyro mengatakan, Kabupaten Sumenep memiliki potensi di sektor perikanan, sehingga orang tua harus meningkatkan konsumsi ikan kepada anak-anaknya.

Keluarga yang mengkonsumsi ikan sebagai menu kesehariannya, dampakanya terhadap kualitas kesehatan keluarga yang semakin sehat dan meningkatkan kecerdasan anak-anak.

“Kita tahu ikan itu kandungan proteinnya tinggi, seperti kandungan asam omega 3 untuk kesehatan jaringan otak, dan kalsium untuk menguatkan tulang, sehingga anak-anak menjadi tumbuh sehat dan kuat,”kata Ny. Nurfitriana saat acara sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan tahun 2017 di Islamic Centre Bindara Saod, Selasa (29/08).

Ny. Nurfitriana menyatakan, pihaknya tetap berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan dalam keseharian di keluarganya. Itu dilakukan agar masyarakat yang mengkonsumsi ikan semakin tinggi dari tahun 2016 sebanyak 51 kilogram per-kapita per-tahun.

“Kami bertekad memasyarakat makan ikan tidak hanya sebatas kegiatan lomba saja, tapi menjadi menu konsumsi masyarakat di keluarganya masing-masing. Yang jelas kami minta dukungan semua pihak, baik jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan elemen masyarakat,”tegasnya.

Ny. Nurfitriana mengungkapkan, Forikan Sumenep sukses meraih Juara I Lomba Memasak Ikan kategori Menu Balita tingkat Provinsi Jawa Timur tahun ini. Karena itu, dengan keberhasilan tersebut menjadi pemicu Forikan Sumenep tidak hanya mensosialisasikan gemar ikan, namun pihaknya berusaha berinovasi untuk mengajak masyarakat memanfaatkan potensi ikan bisa mensejahterakan masyarakat.

 “Semoga keinginan kami untuk melahirkan ide dan inovasi ke depan sukses, baik meningkatkan masyarakat gemar ikan, maupun program lainnya, seperti memanfaatkan potensi ikan menjadi kuliner khas Sumenep demi kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya. ( Yasik, Esha )