Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 13-02-2019
  • 762 Kali

Hari PAFI, Penyemangat Tenaga Farmasi Untuk Menjadi Agent Of Change

Media Center, Rabu ( 13/02 ) Dalam rangka peringatan Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) ke-73 tahun ini, tepatnya pada 13 Februari 1946 lalu, diharapkan menjadi penyemangat bagi seluruh tenaga farmasi untuk menjadi agen perubahan (agent of change) bagi masyarakat agar menggunakan obat secara rasional.

Kasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep,  Yeni Puspita Sari mengungkapkan, pada momentum Hari PAFI 2019 diharapkan masyarakat mendapat obat yang aman, efektif dan tepat. Itu juga sesuai dengan program Kementerian Kesehatan yakni Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMAR CERMAT). Dan diharapkan seluruh tenaga Farmasi bisa menjadi agen perubahan atau agent of change bagi masyarakat, agar menggunakan obat secara rasional dan tepat.

“Sebagai agen perubahan maka tenaga farmasi harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat atau Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang Obat dengan baik dan benar (Dagusibu).” ungkap Yeni, Rabu (13/02/2019).

Sementara itu, Ketua Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Cabang Sumenep, Siti Diana Hariani menekankan kepada seratus lebih ahli farmasi di Sumenep, agar lebih hati-hati memberikan pelayanan kepada masyarakat saat menyerahkan obat maupun meracik obat harus konsentrasi, teliti serta memberikan penjelasan cara dan aturan minum obat kepada pasien.

“Tenaga Farmasi harus lebih sabar dan telaten memberikan pelayanan obat, karena masyarakat sebenarnya tidak ingin sakit, dan tenaga farmasi menjadi solusi untuk meringankan pasien.” tandasnya.

Pada peringatan Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) ke-73 tahun 2019, mengambil tema “Percepatan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dan penyetaraan lulusan Sekolah Asisten Apoteker (SAA), Sekolah Menengah Farmasi (SMF) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi pasca 5 tahun praktik kefarmasian sebagai tenaga kesehatan", diharapkan semakin meningkatkan kinerja serta kesabaran dalam memberikan pelayanan obat kepada masyarakat. ( Ren, Fer )