Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-04-2018
  • 382 Kali

Hari Pertama Pelaksanaan UNBK SMP Sederajat Sempat Tertunda

Media Center, Senin ( 23/04 ) Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, sempat tertunda dari ketentuan jadwal di hari pertama, Senin (23/04). 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Drs. Achmad Sadik, M.Si mengatakan, pelaksanaan UNBK SMP sederajat se-Kabupaten Sumenep hari pertama memang sempat tertunda dari jadwal, karena server pusat mengalami maintenance atau pemeliharaan, akibatnya komputer di SMP lembaga penyelenggara tidak bisa mengakses ke soal-soal ujian dari pusat.

“UNBK SMP sederajat di Kabupaten Sumenep yang semula dijadwalkan mulai pukul 07.30 WIB molor, sebagai dampak adanya pemeliharaan server di pusat, sehingga baru bisa online dan memulai UNBK pukul 08.40 WIB seperti di SMP Negeri 1 Kalianget.” tegasnya di sela-sela pemantauan UNBK SMP sederajat 2018 di SMP Negeri 1 Kalianget, Senin (23/04).

Achmad Sadik menyatakan, pelaksanaan UNBK SMP sederajat hari pertama terlambat dari jadwal masalahnya bukan karena ketersediaan komputer dan jaringan internet di lembaga pendidikan penyelenggara di Sumenep, melainkan kendalanya dari server UNBK pusat. 

Keterlambatan pelaksanaan UNBK itu tidak hanya terjadi di lembaga penyelenggara di Sumenep saja, melainkan juga di daerah lain se-Jawa Timur, namun yang jelas kendala UNBK hari pertama tidak merugikan siswa peserta ujian.

“Meskipun pelaksanaannya sempat tertunda waktunya, namun yang jelas tidak merugikan siswa peserta ujian, mengingat batas akhir waktu mengerjakan soal ujian juga ditambah dari sebelumnya.” imbunya. 

Achmad Sadik mengungkapkan, secara umum lembaga penyelenggara UNBK tingkat SMP sederajat di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, yakni 149 lembaga, sementara lembaga penyelenggara UNKP (Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil) sebanyak 24 lembaga.

“UNBK yang menggunakan UNKP berada di wilayah kepulauan, penyebabnya kendala sarana internet yang belum bisa terjangkau di lembaga penyelenggara itu. Sedangkan peserta UNBK sebanyak 5.831 siswa dan peserta UNKP sebanyak 961 siswa.” pungkasnya. ( Yasik, Esha )