Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 13-10-2017
  • 375 Kali

Himbau Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat Di Musim Kemarau

Media Center, Jum’at ( 13/10 ) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep menghimbau masyarakat tetap mewaspadai cuaca panas ekstrem yang terjadi pada musim kemarau saat ini. Salah satu upaya yang perlu dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr. H Ahmad Fatoni, M.Si, kepada wartawan, Jum’at (13/10) mengungkapkan, beberapa penyakit yang sering menyerang masyarakat pada musim kemarau, diantaranya batuk, demam, diare hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Masyarakat harus tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih, terhindar dari berbagai penyakit,”ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan monitoring terus dilakukan ke semua Puskesmas, sebab potensi penyakit ISPA sering terjadi saat musim kemarau yang penyebab utamanya karena angin kencang yang diakibatkan debu terhirup manusia.

Sedangkan langkah antisipasi ancaman penyakit diare, khususnya bagi masyarakat kepulauan, serta daerah yang kesulitan air bersih harus terus ditingkatkan, dengan memasak air hingga benar-benar matang, atau menggunakan produk air isi ulang.

Bahkan, untuk mengatisipasi penyakit ISPA dan Diare, Fatoni juga menekankan, agar masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga kondisi tubuh dengan makan teratur, dan gizi seimbang.

“Dan bagi masyarakat yang banyak berada diluar rumah dengan berkendara dihimbau untuk menggunakan masker,” tambahnya. ( Ren, Esha )