Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 16-10-2018
  • 432 Kali

Info Prakiraan Awal Musim Hujan Di Sumenep

Media Center, Selasa ( 16/10 ) Awal musim hujan 2018/2019 untuk wilayah Kabupaten Sumenep, diperkirakan pada bulan November mendatang. Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Usman Kholid, prakiraan itu berdasar Prakiraan Musim Hujan dari Stasiun Klimatologi Malang untuk wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Untuk Sumenep terbagi dua Dasarian I – III bulan November 2018, untuk wilayah Kecamatan Arjasa, Gayam, Nonggunong, Kangayan, Raas, Sapeken, Bluto, Ganding, Guluk-guluk, Lenteng dan Pragaan,” jelas Usman, pada Media Center, Selasa (16/10).

Sedang dasarian I – II di bulan November 2018, lanjut Usman, merupakan awal musim hujan untuk wilayah Kecamatan Ambunten, Batang-batang, Batuan, Batuputih, Dasuk, Dungkek, Ganding, Gapura, Giligenting, Kalianget, Kota Sumenep, Manding, Pasongsongan, Rubaru, Saronggi, dan Kecamatan Talango.

Dasarian merupakan istilah satuan waktu meteorologi, yang lamanya adalah sepuluh hari. “Jadi dasarian I antara tanggal 1 hingga 10. Dasarian II antara tanggal 11 sampai 20 di setiap bulannya. Begitu selanjutnya,” urai Usman.

Lebih lanjut, Usman mengimbau agar masyarakat sekitar mengantisipasi dampak cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi ketika peralihan musim (pancaroba). “Mohon mewaspadai potensi terjadinya angin kencang, puting beliung, petir, dan hujan lebat berdurasi singkat yang sporadis, terutama di daerah-daerah yang setiap tahun sering terdampak,” tutupnya. ( M. Farhan M, Fer )