Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-02-2019
  • 349 Kali

JCH Yang Akan Berangkat Harus Divaksin Meningitis

Media Center, Senin ( 18/02 ) Ratusan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sumenep, yang akan berangkat tahun ini, saat ini menjalani tes kesehatan tahap ke dua di masing-masing Puskesmas, serta pemberian vaksin meningitis.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Kusumawati mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan bagi JCH itu wajib dilakukan untuk menentukan jemaah istitho'ah atau tidak serta nantinya sebagai syarat pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

“Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sumenep saat ini harus melaksanakan tahap pemeriksaan kesehatan serta vaksin meningitis sebagai syarat bisa berangkat ke Tanah Suci Mekkah,” ungkap Kusumawati, Senin (18/02/2019).

Dikatakan, untuk vaksin meningitis dan influenza sangat dianjurkan kepada semua JCH, agar mendapatkan kesehatan tubuh yang prima dan aman dalam beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia.

Karena itu, menurut Kusumawati, dirinya mengimbau kepada seluruh JCH di Kabupaten Sumenep yang belum melakukan pemeriksaan segera datang ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan pemberian vaksin.

“Seluruh data kesehatan JCH saat ini terkoneksi secara online di e-KTP, bahkan bulan Februari ini ditargetkan sudah selesai,” tandasnya.

Sementara itu, dari jumlah JCH asal Kabupaten Sumenep yang akan diberangkatkan tahun ini sebanyak tujuh ratus empat puluh dua orang jemaah, sedangkan cadangan sebanyak dua puluh lima orang jemaah. ( Ren, Esha )