Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-08-2016
  • 405 Kali

Jelang Idul Adha 1437 Hijriyah, Disnak Siapkan 6 Dokter Hewan

News Room, Kamis ( 25/08 ) Sebanyak enam dokter hewan disiapkan oleh Dinas Peternakan (Disnak) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah.

Kepala Seksi (Kasi) Pengamatan Penyakit Hewan dan Pelayanan Medik, Dinas Peternakan Sumenep, Zulfah, menjelaskan, mendekati Hari Raya Idul Adha ini tingkat pembelian hewan berupa sapi dan kambing akan meningkat untuk dijadikan hewan kurban.

"Jadi, kita akan mewaspadai kesehatan hewan yang akan dikurbankan. Makanya kita siapkan enam dokter hewan jelang Hari Raya Idul Adha," kata Zulfah, Kamis (25/8/2016).

Ia menuturkan, keenam dokter hewan itu nantinya akan disebar ke seluruh daerah di Sumenep baik daratan dan kepulauan.

“Sesuai rencana, dari enam dokter hewan tersebut, lima dokter akan ditempatkan di daratan, dan kepulauan hanya satu dokter, yaitu untuk Pulau Sapudi saja,” terangnya.

Zulfah mengungkapkan, para dokter hewan akan bertugas memeriksa ante mortem yaitu suhu, kulit dan keadaan suhu, selaput lendir, mata dan telinga, pergerakan, pemeriksaan dan kebuntingan.

Selain itu, post mortem yaitu, pemeriksaan kepala dan lidah, trachea, paru, jantung, alat pencernaan, esophagus, hati, limpa, ambing, dan karkes, pada hewan tersebut, layak dipotong atau tidak.

"Semua hewan kurban akan dilakukan pemeriksaan sebelum dikurbankan. Jadi hewan kurban di tingkat pedagang akan kita cek dulu kesehatannya," ungkapnya. ( Nita, Fer )