Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 07-09-2016
  • 236 Kali

Jelang Idul Adha 1437 Hijriyah, Pasar Hewan Makin Ramai

News Room, Kamis ( 08/09 ) Jelang H-3 Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah, di Pasar Hewan Bangkal, dijubeli para penjual dan pembeli kambing untuk kurban. Seperti biasa pada hari pasaran Senin dan Kamis di Pasar Bangkal memang menjadi pasar hewan. Namun, menjelang Hari Raya Idul Adha kepadatan pasar berbeda dari hari pasaran biasanya. 

Salah seorang pedagang hewan kambing di Pasar Bangkal, Abd. Samik kepada News Room, Kamis (08/09) mengungkapkan, pasaran terakhir sebelum Idul Adha memang lebih ramai dari pasarn pada minggu-minggu sebelumnya. 

“Pasaran terakhir sebelum Idul Adha seperti hari ini memang lebih ramai, karena pembeli biasanya banyak yang menunggu pasaran dekat dengan hari raya,”ungkapnya. 

Bahkan, dikatakan Samik, harga hewan kurban juga mengikuti sistem ekonomi, jika banyak pembeli tentu akan mahal. Seperti halnya dengan harga kambing yang juga naik, dari harga sebelumnya, meskipun kenaikannya tidak seberapa, misalnya dari harga kambing di minggu sebelumnya seharga Rp. 1,5 juta, saat ini bisa Rp. 1,6 juta. Namun, besaran harga kambing juga bergantung besar kecilnya hewan, bahkan harganya seekor bisa mencapai Rp. 3 juta. 

Sementara itu, petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Sumenep memang terus memantau kesehatan hewan ternak yang akan dijadikan kurban betul-betul sehat. Bahkan, di sejumlah pasar hewan dan tempat- tempat ternak hewan kurban tidak lepas dari pantauan petugas, untuk memastikan layak tidaknya hewan tersebut di jadikan hewan kurban. 

“Kami turun langsung ke pasar hewan seperti di Pasar Bangkal dalam rangka melakukan pemantauan dan mengecek kesehatan hewan yang dijual oleh pedagang,”ungkap salah seorang petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten, drh. Zulfa. ( Ren, Esha )