Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 04-06-2018
  • 330 Kali

Jelang Idul Fitri, Masyarakat Waspadai Makanan Kadaluwarsa

Media Center, Senin ( 04/06 ) Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep mengimbau masyarakat teliti dan memperhatikan tanggal kadaluwarsa makanan maupun minuman agar terhindar dari Mamin kadaluwarsa.

Kepala Puskesmas Pamolokan Sumenep, dr. Rifmi Utami mengungkapkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep mengingatkan masyarakat, untuk mencermati tanggal kadaluwarsa jika membeli makanan dan minuman (mamin) saat menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

“Makanan kemasan yang kadaluwarsa tidak layak edar karena sangat berbahaya, jika tetap dikonsumsi masyarakat, dan beresiko menimbulkan gangguan kesehatan utamanya saluran pencernaan dalam tubuh.” ungkapnya kepada Wartawan, Senin (04/06).

Dikatakan, mamin kadaluwarsa bisa dicemari bakteri, bahkan perubahan secara fisik dan kimia yang tentunya mengandung racun. Karena itu, kriteria sidak Mamin yang sering diterapkan Dinas Kesehatan dengan memperhatikan tanggal kadaluwarsa kemasan, tempat penyimpanan maupun bentuk kemasan.

Untuk itu menurut dr. Utami, masyarakat harus waspada dan teliti sebelum membeli dengan melihat tanggal kadaluwarsa kemasan, melihat kebersihan, pencahayaan maupun kelembaban tempat, sebab momentum hari besar keagamaan sering dimanfaatkan oknum tidak bertanggungjawab dengan menjual mamin kadaluwarsa.

“Yang harus diwaspadai kemasannya, tanggal kadaluwarsa (ED), bentuk kemasan apakah rusak, dan ketika dibuka juga perlu dilihat apakah berubah warna atau rasanya.” tandasnya. ( Ren, Esha )