fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image
10
July

Kapal Rusak, Ratusan Pemudik Terlantar Di Pelabuhan Kalianget

  • ADMINQ
  • 19 Kali

Media Center, Senin ( 19/06 ) Gara-gara kapal rusak, ratusan pemudik yang merupakan warga kepulauan Kangean, Sumenep, Madura, Jawa Timur terlantar di Pelabuhan Kalianget. Mereka gagal mudik gratis hari ini, Senin (19/06).

Sesuai jadwal, hari ini seharusnya mudik gratis tujuan Kalianget-Kangean. Kapal dijadwalkan berangkat pukul 08.00 WIB. Namun, saat tiba waktu keberangkatan, ada pemberitahuan diundur hingga pukul 14.00 WIB. Akan tetapi, sebelum waktu yang dijanjikan tiba, kembali ada informasi, bahwa kapal tidak bisa berangkat hari ini ke Kangean, karena masih proses perbaikan.

Para pemudik yang terlanjur datang ke pelabuhan merasa kecewa. Impian mereka bisa segera berkumpul dengan keluarga di kampung halaman buyar. Diantaranya pilih meninggalkan pelabuhan. Sebagian lagi tetap bertahan di pelabuhan. Dengan menggunakan alas seadanya, mereka tiduran di Terminal Penumpang Kapal Laut PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Kalianget.

“Terus terang, saya merasa kecewa dengan kejadian hari ini,”kata salah seorang calon penumpang mudik gratis, Fifin Yuliana, Senin (19/6). Yuli berharap pemerintah lebih siap memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Agar kesannya tidak setengah hati,”ujar mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Sumenep ini.

Sementara Kasi Kepelabuhanan Dinas Provinsi Jawa Timur, Saikudin mengungkapkan, keberangkatan kapal mudik gratis hari ini gagal di luar dugaan. “Awalnya, mudik gratis tujuan Kalianget-Kangean kapal Express Bahari 3C. Tapi, karena rusak, diganti 9C. Di luar dugaan, kapal Express 9C kandas di Pulau Raas dan masih mengalami kerusakan,”ungkapnya.

Ia meminta para pemudik untuk bersabar, karena kejadian ini bukan kesengajaan, melainkan kendala teknis. ( Nita, Esha )