Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 16-03-2019
  • 593 Kali

Kegiatan INOVASI, Penting Memahami Kesadaran Fonologis

Media Center, Sabtu ( 16/03 ) Tim INOVASI kembali berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep menyelenggarakan pelatihan literasi di tingkat gugus.

Pelatihan kali ini difokuskan pada materi tentang kesadaran fonologis. Kegiatan dilaksanakan di empat titik, di antaranya, KKM 1 Kota yang terdiri atas Kecamatan Kota, Talango, Kalianget diadakan di Aula Bawah Kantor Kemenag Sumenep dan KKM 1 Saronggi di Aula TK Amsusiyah.

Untuk Gugus 1 Talango diadakan di kantor eks UPT Kecamatan Talango. Kegiatan di dua titik tersebut diadakan pada Sabtu (16/03/2019). Sedangkan kedua titik sebelumnya dilaksanakan pada Kamis (14/03/2019). Dan dua titik yang lain, Gugus 2 Kecamatan Kota dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep.

Fasilitator Daerah, Nurul Hidayat, yang juga Pengawas Kecamatan Guluk-Guluk, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep, mengungkapkan, cara termudah memberikan pemahaman terkait kesadaran fonologis adalah menggunakan analogi nama hewan dan bunyi hewan. Kucing misalnya, nama hewannya adalah kucing, sedangkan bunyinya meong-meong.

"Cara sederhana ini sangat memudahkan anak didik membedakan apa itu bunyi huruf sehingga mereka memahami betul konsep kesadaran fonologis," jelasnya.

Sementara District Facilitator Kabupaten Sumenep, Arief Tri Cahyana, menambahkan, seringkali kita tidak memahami perbedaan nama huruf dan bunyi huruf. Hal ini sangat penting dipahami oleh peserta didik, terutama anak-anak kita yang masih bersekolah di kelas awal.

“Kesadaran fonologis penting untuk dipahami agar ke depan mereka tidak salah konsep perihal nama huruf dan bunyi huruf," ungkap pria berkacamata ini.

Menurutnya, kesadaran Fonologis ini adalah rangkaian dari kegiatan sebelumnya. Total kegiatan yang telah diselenggarakan tiga kegiatan di tingkat gugus. Pertama kegiatan tentang apa dan mengapa literasi, kemudian dilanjutkan unit bigbook dan GESI, dan yang ketiga ini kita belajar bersama tentang pentingnya kesadaran fonologis. ( Ren, Fer )