Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-06-2018
  • 314 Kali

Kegiatan Pondok Ramadan Di Lembaga Kemenag Berbeda

Media Center, Selasa ( 05/06 ) Kegiatan Pondok Ramadan 1439 Hijriyah di sejumlah lembaga di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep berbeda sesuai kebijakan lembaga masing-masing.

Seperti halnya yang dilaksanakan di MTs Negeri Sumenep, yakni menggunakan Tipe A, dimana siswa melaksanakan puasa, tadarus, kultum, buka bersama, Shalat Tarawih serta sahur bersama di Madrasah dengan dibimbing oleh guru pembimbing, dan pelaksanaannya dengan cara terpisah antara siswa dan siswi.

“Pelaksanaan Pondok Ramadan disini menggunakan tipe A dan ini merupakan satu-satunya Madrasah Negeri yang melaksanakan tipe A.“ ungkap Kepala MTs Negeri Sumenep, Drs. H. Zaini Mukhsin, Selasa (05/06).

Menurutnya, dengan adanya Pondok Ramadan ini dapat dijadikan sebuah wahana untuk mengembangkan sumber daya yang ada, terutama di bidang keagamaan dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Sehingga para siswa mendapat bimbingan dalam melaksanakan shalat 5 waktu, tadarus, Asmaul Husna, Shalat Tahajud, Shalat Dhuha, Shalat Tarawih, Kultum dengan baik dan benar.” ungkapnya.

Selanjutnya untuk di MTs Negeri Terate pelaksanaan Pondok Ramadan berbeda dengan di MTs Negeri Sumenep, yakni dengan memakai tipe B, yang kegiatannya dimulai dari pagi hingga usai shalat Tarawih.

Kepala MTs Negeri Terate, H. Abdullah  M.Pd, juga berharap, kegiatan Pondok Ramadan ini dapat meningkatkan kesadaran dan keimanan peserta didik serta para pendidik sendiri. Serta dapat meyakinkan para peserta didik bahwa pahala juga akan berlipat ganda dalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan.

“Kegiatan ini juga sesuai dengan visi lembaga kami 'Teguh dalam Imtaq, berkualitas dalam Iptek dan berwawasan lingkungan'.” tambahnya. ( Hkm/Ren, Fer )