Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 21-02-2019
  • 899 Kali

Kemenag Lakukan Bimbingan Cegah Perkawinan Pra Nikah

Media Center, Kamis ( 21/02 ) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep gencar melakukan bimbingan perkawinan pra nikah untuk menghindari pernikahan dini. Bimbingan perkawinan pra nikah ini dilakukan, baik kepada kalangan pelajar maupun bagi para calon pengantin.

Plt. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sumenep, H. Moh. Hanif mengungkapkan, kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah perlu terus dilakukan dalam rangka mengurangi angka pernikahan dini, khususnya yang banyak terjadi di pedesaan Sumenep.

“Tingginya angka pernikahan dini di Madura menjadi perhatian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep dengan menggelar bimbingan perkawinan pra nikah,” ungkap Hanif, Kamis (21/02/2019).

Dijelaskan, bimbingan dan penyuluhan nikah itu terbagi menjadi dua klasifikasi, yaitu bimbingan pra nikah bagi remaja yang masih sekolah, dan bimbingan pra nikah bagi yang siap menikah, sehingga pendewasaan usia nikah sejak anak pelajar itu penting diberikan, sebab selama ini memang masih ada pernikahan dini, utamanya di pedesaan.

Karena itu menurut Hanif, instansinya juga menggandeng seluruh Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah guna melakukan sosialisasi bimbingan pra nikah melalui unit-unit Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan. Karena berdasarkan fakta, banyak terjadi perceraian di usia perkawinan yang masih muda, karena kurangnya pengetahuan dan persiapan yang matang.

Disebutkan Hanif, pada tahun 2018 lalu, sudah dilakukan bimbingan perkawinan pra nikah difokuskan di tiga titik, yaitu di Kecamatan Pasongsongan, Pragaan, dan Kecamatan Ganding dengan mengundang seluruh pelajar Madrasah Aliyah (MA).

“Intinya, sebuah pernikahan harus benar-benar dipersiapkan secara matang oleh calon pengantin,” tandasnya. ( Ren, Esha )