Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-07-2018
  • 429 Kali

Kemensos RI Salurkan Bantuan Penanggulangan Bencana Di Sumenep

Media Center, Minggu ( 08/07 ) Kementerian Sosial Republik Indonesia memberikan bantuan logistik bencana alam di Kabupaten Sumenep Tahun 2018, berupa paket kesiapsiagaan bencana, perahu karet dan bantuan sembako bagi masyarakat korban gempa bumi di Kecamatan Batuputih.

Penyerahan bantuan bagi korban bencana alam gempa bumi ini dilakukan secara simbolis kepada masyarakat oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Minggu (08/07).

Hadir dalam penyerahan bantuan bencana alam tersebut, Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Achsanul Qosasi dan Staf Ahli Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial Kementerian Sosial RI, Asep Sasa Purnama bersama jajarannya.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Kementerian Sosial RI yang telah memberikan bantuan buffer stock kepada Kabupaten Sumenep untuk kesiapsiagaan penanggulangan bencana dan bantuan bagi korban gempa bumi.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Achsanul Qosasi, yang telah menginisiasi untuk mengusulkan pemberian bantuan baik berupa bantuan buffer stock dan bantuan logistik bagi korban gempa bumi di Kabupaten Sumenep.” tegas pengusaha muda sukses ini.

Ia menyatakan, gempa bumi di Kabupaten Sumenep terjadi pada tanggal 13 Juni 2018 pukul 20.00 WIB, kekuatannya mencapai 4,8 skala richter, terjadi di 3 kecamatan yakni, Kecamatan Manding, Dasuk dan Kecamatan Batuputih.

Akibat gempa bumi tersebut kerusakan mencapai 156 bangunan, yakni rumah penduduk mencapai 150 buah, sarana ibadah 4 buah dan sarana pendidikan 2 buah, dengan kriteria kerusakan yakni, rusak berat mencapai 44 buah, rusak sedang 18 buah dan rusak ringan mencapai 94 buah.

“Pemerintah Kabupaten Sumenep guna membantu masyarakat yang rumahnya rusak berat, telah membangun 9 tenda penampungan di Desa Bulla’an Kecamatan Batuputih. Mereka yang ada di tenda penampungan saat ini mencapai 15 Kepala Keluarga (KK) atau 72 orang, diantaranya ada 2 orang ibu hamil dan 9 balita.” imbuhnya.

Di tempat yang sama Achsanul Qosasi mengungkapkan, setelah mengetahui di Sumenep terjadi gempa bumi, dirinya langsung berkoordinasi dengan Menteri Sosial guna melakukan penanganan cepat.

Hasilnya Menteri Sosial dan jajarannya di tingkat bawah bergerak cepat turun ke lokasi kejadian meskipun bersamaan dengan hari raya Idul Fitri.

“Saya menelpon Menteri Sosial, Idrus Marham untuk mengabarkan kalau di Kabupaten Sumenep terjadi gempa yang mengakibatkan banyak bangunan rusak. Hasil koordinasi dengan Menteri Sosial ternyata meski libur hari raya, Menteri Sosial menyatakan tetap mengirimkan petugas Tagana untuk membantu masyarakat korban gempa bumi meskipun libur cuti hari raya Idul Fitri.” ungkapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial Kementerian Sosial RI, Asep Sasa Purnama menambahkan, pihaknya memberikan bantuan berupa kesiapsiagaan penanggulangan bencana dan bantuan bagi korban gempa bumi di Sumenep, rinciannya yakni paket kesiapsiagaan bencana sebesar Rp 122 juta lebih, bantuan perahu karet sebesar Rp 112 juta lebih, dan bantuan sembako bagi korban gempa bumi di Kecamatan Batuputih sebesar Rp 46 juta bagi 156 keluarga.

“Kami juga memberikan bantuan perahu karet sebab geografis Kabupaten Sumenep terdiri dari daratan dan kepulauan, sehingga bantuan perahu karet untuk masyarakat di Kecamatan kepulauan. Jadi bantuan untuk Kabupaten Sumenep totalnya mencapai Rp 281 juta lebih.” pungkasnya. ( Yasik, Fer )